Trump berjanji segera deportasi 3 juta imigran

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Trump berjanji segera deportasi 3 juta imigran

AFP

Kriminal dan pengedar narkoba merupakan target yang akan dideportasi oleh Donald Trump

JAKARTA, Indonesia — Presiden-terpilih Donald Trump akan menepati janjinya untuk segera mendeportasi jutaan imigran di Amerika Serikat yang tidak memiliki dokumen lengkap. 

Hal tersebut diungkapkannya melalui sebuah sesi wawancara dalam program 60 Minutes yang ditayangkan stasiun televisi CBS yang disiarkan pada Minggu, 13 November.

Trump menyatakan sebanyak 3 juta imigran akan ia singkirkan setelah resmi menjabat sebagai presiden AS yang ke-45 pada akhir Januari 2017.

“Yang akan kami lakukan adalah menyingkirkan para kriminal dan orang yang mempunyai jejak kriminal, anggota komplotan, pengedar narkoba, sekitar 2 juta, bahkan mungkin mencapai 3 juta — kami akan menyingkirkan mereka dari negara ini atau kami akan penjarakan,” kata Trump.

Jutawan real estate ini juga akan memperketat pengamanan di perbatasan AS-Meksiko, sebuah janji yang ia sering ia ucapkan selama masa kampanye.

Pada 9 November pekan lalu, Trump —kandidat Partai Republik— mengalahkan saingannya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, dalam pemilihan presiden yang sengit.

Trump menambahkan bahwa dinding yang akan dibangun di perbatasan AS dengan Meksiko mungkin tidak sepenuhnya terbuat dari semen dan bata, tapi juga akan menggunakan pagar di beberapa area.

“Akan ada beberapa pagar,” kata Trump dalam wawancara perdananya setelah terpilih menjadi presiden.

“Tapi untuk beberapa area, tembok lebih layak”. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!