Helikopter TNI AD jatuh ke jurang, co-pilot selamat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Helikopter TNI AD jatuh ke jurang, co-pilot selamat
Tiga penumpang tewas dan satu penumpang lain masih dalam pencarian

JAKARTA, Indonesia (Update) – Helikopter Bell-412 EP milik Pusat Penerbangan TNI AD yang dinyatakan hilang sejak 24 November lalu ternyata jatuh ke jurang di dekat Desa Long Sunlit, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Ajaibnya co-pilot Letnan Satu CPN Abdi Darmain berhasil selamat. “Kondisi pilot dalam keadaan hidup,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigadir Jenderal TNI Sabran Fadhilah dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu 27 November 2016.

Helikopter nahas tersebut ditemukan sekitar pukul 14.22 WITA, Minggu 27 November. Medan yang sulit membuat dua personel Korps Pasukan Khas TNI AU harus memakai tali (teknik rapelling) untuk bisa mencapai lokasi jatuhnya helikopter.

Dari lima penumpang, tiga di antaranya tewas. Mereka yaitu Lettu Cpn Ginas Sasmita Aji, Sertu Bayu Sadeli Putra, dan Praka Suyanto. Sementara Lettu Yohanes Syahputra sampai Senin pukul 13.00 WITA masih dalam proses pencarian.

Korban Ginas Sasmita Aji diketahui berasal dari Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Kabar tewasnya Gimas telah sampai ke Komandan Kodim 0803/Madiun Letnan Kolonel Infantri Rachman Fikri. “Iya, benar informasi itu,” ujar Fikri di Madiun, Senin 28 November. 

Rencananya ketiga korban akan diterbangkan ke Landasan Undara Tarakan pada pukul 17.00 WITA untuk disemayamkan sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing pada Selasa, 29 November. Ginas akan diterbangkan ke Yogyakarta sementara Bayu Sadeli Putra ke Dumai dan Praka Suyanto ke Madiun.

Helikopter Bell-412 EP ini lepas landas dari Bandara Juwata, Tarakan, dengan tujuan Pos Pengamanan Perbatasan Negara di Tanjung Karya, Desa Long Bawan, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!