Gempa Aceh: Pemerintah berikan Rp 40 juta untuk satu rumah yang hancur

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gempa Aceh: Pemerintah berikan Rp 40 juta untuk satu rumah yang hancur
Bantuan akan diberikan dalam waktu dekat

JAKARTA, Indonesia – Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan sebesar Rp 40 juta kepada warga yang rumahnya rusak dihajar gempa.

“Ada rumah Rp 150 juta atau Rp 100 juta. Kalau kita bangunkan kembali rumah yang rusak kan ada unsur tidak adil. Jadi kita berikan rata Rp 40 juta per rumah,” kata Willem setelah rapat terbatas dengan Pesiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 16 Desember 2016..

Willem mengatakan saat ini sebanyak 347 rumah sudah mendapatkan persetujuan dari bupati setempat untuk diberikan bantuan. Penyaluran akan diberikan melalui transfer ke rekening korban.

Pembangunan rumah nantinya akan mendapat pendampingan dari petugas Kementerian Pembangunan Umum yang akan memberikan saran tentang struktur bangunan.

Sambil menunggu rumah selesai dibangun, Willem melanjutkan, pemerintah akan memberikan tenda kepada pemilik rumah yang hancur untuk tempat tinggal mereka sementara.

Gempa dengan kekuatan 6,5 SR menghantam Kabupaten Pidie Jaya pada Rabu pagi, 7 Desember 2016. Gempa menewaskan 101 orang dan menghancurkan ratusan rumah dan rumah toko. Sampai saat ini ribuan orang masih mengungsi di tenda-tenda pengungsian. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!