Sepanjang 2016, terjadi 2.342 bencana di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sepanjang 2016, terjadi 2.342 bencana di Indonesia
Jumlah bencana pada 2016 meningkat 35 persen dari tahun sebelumnya

JAKARTA, Indonesia — Tahun 2016 ternyata Indonesia memecahkan rekor baru, namun rekor tersebut bukanlah sesuatu yang dapat dibanggakan. Sepanjang tahun ini, sejak 1 Januari 2016 hingga 28 Desember, telah terjadi 2.342 bencana di Indonesia.

Jumlah ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah bencana tahun 2016 meningkat hingga 35 persen.

Tahun ini banjir, longsor, dan puting beliung masih mendominasi jenis bencana yang terjadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatatkan terdapat 766 bencana banjir, 612 longsor, dan 669 puting beliung yang terjadi di Indonesia sepanjang 2016.

Dampak dari bencana tahun ini juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Setidaknya sebanyak 522 orang meninggal dunia atau hilang, sementara 3,046 juta orang harus mengungsi. Tak hanya itu, tempat tinggal, fasilitas pendidikan, kesehatan, serta rumah ibadah juga terkena dampak dari bencana yang terjadi.

Menyikapi tahun 2016, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat untuk tetap optimis dalam penanggulangan bencana tahun depan. Kesiapsiagaan harus selalu menjadi prioritas dalam kehidupan sehari-hari.

“Juni hingga Oktober perlu diwaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan, dan sepanjang tahun terhadap potensi gempa bumi, tsunami, dan erupsi gunung berapi,” ujar Sutopo dalam rilis yang diterima Rappler pada Kamis, 29 Desember.

Berikut infografis tentang bencana yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2016.

  

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!