Geruduk Mabes Polri, FPI desak tiga Kapolda dicopot

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Geruduk Mabes Polri, FPI desak tiga Kapolda dicopot
Mereka meminta Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda Kalimantan Barat dicopot

JAKARTA, Indonesia — Ribuan massa Front Pembela Islam (FPI) menuntut Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot tiga kapolda. Tuntutan tersebut mereka sampaikan saat menggeruduk Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 16 Januari 2017.

Ketiga kapolda yang diminta untuk dicopot yakni Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan, Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Musyafak, dan Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan. 

Kapolda Jawa Barat Anton Charliyan diminta dicopot karena ia diduga menjadi pembina Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), ormas yang bentrok dengan FPI pada Kamis pekan lalu.

Sementara Kapolda Kalimantan Barat dituntut dicopot setelah terjadinya insiden penolakan oleh Dewan Adat Dayak (DAD) terhadap Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain. 

Adapun Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dianggap memprovokasi untuk melakukan penyerangan saat aksi unjuk rasa 4 November 2016. Ia juga diminta dicopot. 

“Dia yang membiarkan penyerangan pada aksi 411,”  Kata Sekjen Dewan Syuro DPP FPI Jakarta Novel Bamukmin di sela aksi unjuk rasa yang berlangsung di depan Mabes Polri, Senin 16 Januari 2017.

Aksi unjuk rasa FPI ini kemungkinan hanya akan diterima oleh Humas Polri. Sebab Kapolri Jenderal Tito Karnavian beserta petinggi Polri lainnya saat ini sedang berada di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!