5 hal tentang Emirsyah Satar

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal tentang Emirsyah Satar
Emirsyah pernah menjadi salah satu pimpinan termuda dalam industri penerbangan di Asia Pasifik.

JAKARTA, Indonesia — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pada Kamis, 19 Januari 2017.

Siapa sosok Emirsyah dan bagaimana kiprahnya sebelum akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK? Berikut 5 hal tentang Emirsyah Satar.

Chairman MatahariMall.com

Saat ini Emirsyah Satar menjabat sebagai Chairman di MatahariMall.com, sebuah situs belanja online yang berada di bawah Lippo Group.

Ia ditunjuk sebagai Chairman MatahariMall.com sekaligus Executive Director of Lippo Group sejak bulan Mei 2015 karena dianggap memiliki pengalaman yang luas dan dapat memberikan perspektif yang unik.

“Dengan kehadiran Emirsyah Satar, kami selangkah lebih dekat dengan tujuan MatahariMall untuk menjadi perusahaan e-commerce terdepan di Indonesia,” tutur John Riady, Direktur Grup Lippo.

Direksi dan Komisaris

Selain menjadi pimpinan Lippo Group dan MatahariMall.com, Emirsyah juga memegang beberapa jabatan di perusahaan besar lainnya. Ia merupakan komisioner independen PT Bank Danamon Indonesia, tim penasehat dari Kementerian Pariwisata dan anggota dewan penasehat Indonesia E-commerce Association. 

Emirsyah juga merupakan wakil ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) serta penasehat Asosiasi Penerbangan Indonesia (INACA).

Lulusan FEUI

Emirsyah Satar mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1986. Ia juga sempat menempuh program pendidikan di Sorbonne University, Paris, serta fasih berbicara bahasa Inggris, Perancis, dan Spanyol.

CEO termuda di Asia Pasifik dalam industri penerbangan

Saat ditunjuk sebagai CEO Garuda Indonesia pada bulan Maret 2005, pria kelahiran 28 Juni 1959 ini masih menginjak usia 45. Hal tersebut membuatnya tercatat sebagai salah satu pimpinan termuda dalam industri penerbangan di Asia Pasifik.

Penghargaan se-Asia Pasifik

Pada tahun 2013, saat ia masih menduduki posisi sebagai CEO Garuda Indonesia, Emirsyah mendapatkan penghargaan dari jaringan bisnis internasional CNBC.

Ia mendapatkan penghargaan The CNBC Business Leader Award Asia Pasific, karena dianggap memiliki jiwa kepemimpinan yang membuatnya berhasil membawa nama Garuda Indonesia semakin mendunia.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!