LIVE: Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LIVE: Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat
Donald Trump dilantik menjadi Presiden ke-45 Amerika Serikat menggantikan Barack Obama

JAKARTA, Indonesia – Pada tanggal 20 Januari, Barack Hussein Obama akan menyerahkan pemerintahan Amerika Serikat kepada penerusnya, Donald John Trump. Mogul properti yang berusia 70 tahun itu, telah menulis sejarah yang paling mengesankan sepanjang masa.

Bagaimana tidak? Dia merupakan satu-satunya pria yang tidak memiliki pengalaman di bidang politik tetapi bisa memenangkan pemilu. Berdasarkan penghitungan, Trump berhasil mendapatkan 306 electoral college. Pesaingnya Hillary Clinton sangat jauh tertinggal yakni 232 electoral college. (BACA: LIVE BLOG:  Pemilu Presiden AS 2016)

Padahal, selama kampanyenya, tidak jarang Trump melontarkan pernyataan yang seksis dan xenophobic yang memicu kemarahan publik serta skandal.

Namun, ada juga sebagian warga Negeri Paman Sam yang menyambut Trump dengan penuh antusiasme. Sesuai dengan tradisi pelantikan, maka Trump akan mengambil sumpah sebagai Presiden ke-45 AS dalam sebuah acara khusus dan megah.

Upacara pengambilan sumpah akan dilakukan di area tangga di bagian barat Gedung Capitol Hill. Di depan para undangan yang hadir antara lain mantan Presiden AS, pejabat berwenang, diplomat, penegak hukum dan ribuan warga AS, Trump akan mengucapkan kalimat ini:

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia dalam menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat dan akan melakukan yang terbaik untuk menjaga, melindungi dan membela konstitusi Amerika Serikat”

Usai mengucapkan sumpah tersebut, maka Trump secara resmi memimpin negara paling kuat di dunia.

Langsung dari Washington DC, Rappler akan menyiarkan secara langsung upacara pelantikan presiden ke-58 AS yang dimulai pukul 22:00 WIB (10:00 waktu Washington DC).

Tandai laman ini untuk perbaruan informasi kamu. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!