Ini jadwal rangkaian kegiatan pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ini jadwal rangkaian kegiatan pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS

AFP

Donald Trump dilantik sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat pada Jumat 20 Januari

JAKARTA, Indonesia – Pelantikan Donald Trump sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat menjadi fokus sebagian publik Negeri Paman Sam terutama yang bermukim di Wasington DC. Sama seperti upacara pelantikan yang digelar pada 4 tahun sebelumnya, kegiatan kali ini diprediksi juga akan berlangsung megah.

Berikut rangkaian kegiatan pelantikan yang digelar pada Jumat pagi, 20 Januari. Perbedaan waktu antara Jakarta dengan Washington DC adalah 12 jam.

Kamis, 19 Januari

10:35 am (22:35 WIB di Jakarta)

Penampilan dimulai di Lincoln Memorial. “Voices of the People” menjadi penampilan pertama dalam konser publik yang panjang dan berlangsung seharian. Konser itu akan menampilkan beberapa kelompok seperti DC Fire Department Emerald Society Pipes and Drums, the Republican Hindu Coalition, marching band SMA, paduan suara dan tarian dengan menggunakan tongkat (baton twirlers).

3:30 pm – 04:00 pm (03:30 WIB – 04:00 WIB, Jumat 20 Januari)

Trump dan Wakil Presiden terpilih Mike Pence berpartisipasi dalam upacara peletakan karangan bunga di pemakaman nasional Arlington untuk menghormati para veteran militer AS yang telah berjuang bagi negara

4 pm – 6 pm (04:00 WIB – 06:00 WIB)

Trump akan memberikan sambutan ketika konser kedua digelar di Lincoln Memorial yang diberi judul “Make America Great Again! Welcome Celebration.” Acara itu disiarkan secara langsung ke seluruh Amerika Serikat. Aktris country Toby Keith dan Lee Greenwood akan ikut menyanyi dalam acara itu. Acara ditutup dengan penampilan kembang api

Trump dijadwalkan akan menginap di rumah tamu kepresidenan, Blair House yang terletak di seberang jalan di Gedung Putih.

Jumat, 20 Januari

Pagi hari (malam di Jakarta)

Trump, Pence dan keluarga mereka direncanakan menghadiri misa di Gereja St. John’s Episcopal yang berjarak tidak jauh dari Gedung Putih. Setelah itu, Presiden Barack Obama dan Ibu Negara, Michelle Obama menyambut Trump dan istrinya, Melania di Gedung Putih untuk minum teh pagi. Kedua pasangan kemudian berangkat bersama menuju ke Gedung Capitol dengan iring-iringan.

09:30 am (21:30 pm)

Upacara pelantikan dimulai di sebelah barat Gedung Capitol dengan penampilan musik. Para tamu undangan terdiri dari berbagai kalangan, yakni anggota Kongres, Hakim Agung, diplomat dan publik. Di antara tamu undangan yang hadir juga terdapat mantan Presiden AS yaitu Jimmy Carter, George W. Bush dan Bill Clinton. Pesaing Trump saat pemilu tahun lalu, Hillary Clinton juga ikut hadir.

Mantan Presiden George H.W. Bush tidak akan hadir karena dalam kondisi kesehatan yang tak baik

Penyanyi soprano berusia 16 tahun, Jackie Evancho akan menyanyikan lagu kebangsaan AS. Penari troupe The Rockettes juga akan tampil. Namun, waktunya belum diumumkan.

GEDUNG CAPITOL. Gedung yang menjadi saksi pengambilan sumpah Donald Trump sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat pada Jumat, 20 Januari. Foto oleh Mandel Ngan/AFP

11:30 am (23:30 WIB)

Sambutan pembuka. Para pemimpin agama akan membacakan doa. Pence akan diambil sumpahnya oleh Hakim Mahkamah Agung, Clarence Thomas

Sabtu, 21 Januari

12 pm (00:00 WIB)

Trump akan membacakan janji Presiden yang dilakukan oleh Ketua Hakim Mahkamah Agung, John Roberts. Dia akan menggunakan injil yang digunakan ketika pelantikan Presiden Abraham Lincoln dan juga injil yang diberikan oleh Ibu Trump pada kelulusan sekolah minggu di tahun 1955. Setelah itu, Trump akan membacakan pidato pelantikannya.

12:30 pm (00:30 dini hari)

Upacara pelantikan berakhir

3 pm – 5 pm (03:00 WIB – 05:00 WIB)

Parade pelantikan. Presiden dan Wakil Presiden yang baru akan berjalan sejauh 2,4 kilometer di sepanjang Pennsylvania Avenue dari Gedung Capitol menuju ke Gedung Putih. Di belakangnya diikuti oleh 8.000 peserta parade. Mereka termasuk semua anggota militer AS baik AU, AD, dan AL, marching band dari universitas dan SMA. Selain itu juga ada pasukan berkuda, petugas medis, kelompok veteran dan brigade traktor.

7 pm – 11 pm (07:00 WIB – 11:00 WIB)

Trump, Pence dan pasangan masing-masing akan tampil dalam tiga acara dansa. Dua di antaranya akan digelar di Walter E. Washington Convention Center. Acara lainnya digelar di gedung Museum Nasional. Beberapa acara serupa baik yang semi resmi dan tak resmi juga akan digelar di seluruh kota Washington DC.

Sabtu, 21 Januari

10 am – 11 am (22:00 WIB – 23:00 WIB)

Trump dan Pence akan menghadiri acara doa nasional antar agama yang diselenggarakan di Katedral Nasional Washington. – dengan laporan AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!