Rizieq Shihab minta Bank Indonesia tarik uang berlogo mirip palu arit

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Penarikan uang juga menunjukkan pemerintah serius berperan aktif melawan PKI.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/1). Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

JAKARTA, Indonesia — Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab meminta Bank Indonesia (BI) menarik semua uang baru yang logo BI-nya dianggap sangat mirip dengan palu-arit.

“Kami minta segera menarik uang kertas baru dari pecahan Rp 1000 sampai Rp 100 ribu yang semuanya memberikan persepsi ada logo palu arit PKI,” kata Rizieq usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Senin 23 Januari 2017.

Rizieq berharap dengan penarikan uang baru tersebut, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah bisa kembali pulih. Penarikan uang juga menunjukkan pemerintah serius berperan aktif melawan PKI.

Rizieq diperiksa dalam kasus palu arit. Kasus ini bermula dari ceramah Rizieq di Pesantren Alam, Agrokultural, Megamendung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Dalam ceramah tersebut ia menuduh ada logo palu-arit pada mata uang rupiah keluaran terbaru.

Rekaman ceramah Rizieq diunggah oleh pemilik akun Jumal Ahmad ke YouTube dengan judul “Habib Rizieq: Palu-Arit di Uang Kertas”. Tuduhan Rizieq akan adanya logo palu-arit di mata uang terbaru ini kemudian dilaporkan oleh Solidaritas Merah Putih (Solmet) dan Jaringan Intelektual Muda Anti-Fitnah (JIMAF).

Rizieq dilaporkan melanggar Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 A ayat 2 Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pelanggaran atas pasal itu bisa berujung kurungan badan selama 6 tahun dan denda Rp 1 miliar.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan kasus ini telah masuk tahap penyidikan. Namun Rizieq Shihab belum ditetapkan sebagai tersangka. Hari ini ia mendapatkan 23 pertanyaan dari penyidik.

“Ya intinya bahwa kasus ini naik ke penyidikan dan kemudian kami sedang (periksa) beberapa saksi. Saksi-saksi yang menentukan siapa saja tersangkanya,” kata Argo.—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!