Sebanyak 11,2 juta Tweet semarakkan #PilkadaSerentak2017

Rappler Social Media Team

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sebanyak 11,2 juta Tweet semarakkan #PilkadaSerentak2017
Setidaknya ada 11,2 juta cuitan yang terkait dengan #PilkadaSerentak2017 sejak 1 Januari 2017

JAKARTA, Indonesia – Rangkaian Pilkada Serentak 2017 akhirnya dilaksanakan pada Rabu, 15 Februari. Sebagai media sosial yang menyajikan update dari penggunanya secara real time, Twitter turut merefleksikan jalannya momen pesta demokrasi ini. Seperti yang kita ketahui, Pilkada dilaksanakan serentak di tujuh provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten. 

Sejak awal tahun 2017, para kandidat peserta #PilkadaSerentak2017 menggunakan Twitter untuk berbagi informasi mengenai program mereka kepada calon pemilih, dan menciptakan interaksi dua arah.

Berdasarkan rilis yang Rappler terima dari Twitter Indonesia, setidaknya ada 11,2 juta cuitan yang terkait dengan #PilkadaSerentak2017 sejak 1 Januari 2017, di mana satu juta cuitan di antaranya terjadi selama hari-H. 

Pengguna Twitter bergabung dalam pembicaraan secara real-time, Umumnya, mereka menyampaikan opini tentang jalannya Pilkada, baik dari pengalaman nyoblos hingga pandangan mereka terhadap pasangan calon (paslon) yang ikut serta dalam pemilihan kepala daerah ini.

5 Top Tweet yang terkait dengan #PilkadaSerentak2017 (14 – 15 Februari 2017)






Pengguna Twitter bergabung dalam pembicaraan secara real-time, Umumnya, mereka menyampaikan opini tentang jalannya Pilkada Serentak, baik dari pengalaman nyoblos hingga pandangan mereka terhadap pasangan calon (paslon) yang ikut serta dalam pemilihan kepala daerah ini.

Beragam informasi yang terdapat di linimasa membuat masyarakat dapat dengan mudah mencari sumber resmi dari para kandidat atau berbagai sumber terpercaya.

Berikut adalah data-data menarik yang dikumpulkan oleh Twitter Indonesia terkait Pilkada tahun ini.

 

 Pilkada DKI Jakarta 2017

Pilkada DKI Jakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia di manapun mereka berada. Di bawah ini adalah grafik yang menunjukkan bagaimana percakapan tentang tiga paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di Twitter. Grafik di bawah ini didasarkan dari cuitan yang menyebutkan nama dan/atau akun Twitter masing-masing pasangan selama 14-15 Februari 2017.

Sebagai catatan, grafik tidak menunjukkan sentimen tertentu terhadap ketiga paslon ini.