Anies mampir ke lokasi pencoblosan ulang di TPS 29 Kalibata

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Anies mampir ke lokasi pencoblosan ulang di TPS 29 Kalibata

ANTARA FOTO

Anies mengaku datang ke TPS karena baru menghadiri acara pernikahan di sekitar lokasi

JAKARTA, Indonesia —  Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) 29 di Kalibata, Jakarta Selatan, pada Minggu, 19 Februari. 

TPS tersebut tengah menggelar pencoblosan ulang karena Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta menemukan kecurangan dalam proses pemungutan suara pada Rabu lalu, 15 Februari.

Anies mengatakan, ia menyerahkan proses pemungutan suara ulang kepada KPUD Jakarta meskipun menyayangkan adanya kecurangan pada coblosan sebelumnya. 

“Kami berharap berjalan lancar. Meskipun hanya satu dan dua TPS yang diulang, tapi kami memastikan aspirasi warga di sini tidak tercederai. Karena kemarin di tempat ini ada beberapa masalah, kami tidak ingin ada ketidakpercayakan pada KPU,” kata Anies.

Saat tiba di TPS 29, calon gubernur DKI yang berpasangan dengan Sandiaga Uno itu mengaku baru saja menghadiri acara pernikahan di sekitar Jalan Buncit Raya, Jakarta Selatan. Karena mendengar ada pemungutan suara ulang, maka Anies menyempatkan diri untuk singgah.

“Habis pengantin di belakang kebetulan sekalian mampir,” katanya.

Sementara itu, salah satu anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di TPS 29 Kalibata, Awaluddin Yamin mengatakan, pihaknya merekomendasikan pemilihan ulang karena adanya seorang warga yang mencoblos dua kali menggunakan hak suara orang lain.

“Ada orang nyoblos lebih dari satu kali menggunakan hak pilih orang lain yang memang keluarganya. Yang satu milik kakaknya di Kanada yang satu milik anaknya yang di Surabaya,” kata Awaluddin.

Awaluddin menyampaikan, hasil suara di TPS 29 pada Rabu lalu menyatakan pasangan Anies-Sandi menang telak.

“Agus-Sylvi memperoleh 77 suara, Ahok-Djarot 29 suara, sedangkan Anies-Sandi 345,” kata dia. 

Selain TPS 29, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta juga menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!