LIVE EVENT: Pidato Donald Trump di hadapan anggota Kongres Amerika Serikat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LIVE EVENT: Pidato Donald Trump di hadapan anggota Kongres Amerika Serikat

AFP

Banyak warga yang berharap, pidato Trump lebih dari sekedar retorika dan menuntaskan isu tingginya pajak dan reformasi di bidang kesehatan.

JAKARTA, Indonesia – Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump akan memberikan pidato di hadapan anggota Kongres pada Selasa, 28 Februari (Rabu, 1 Maret waktu Jakarta). Pidato yang disebut State of the Union Address ini diberikan di awal tahun presiden Negeri Paman Sam yang baru saja dilantik.

Salah satu tujuannya yaitu untuk memaparkan agenda kabinet dan pemerintahannya selama beberapa bulan ke depan. Trump yang dilantik pada tanggal 20 Januari berhasil memenangkan pemilu yang sangat terbelah pada 8 November 2016. Namun, sejak bulan pertama berkantor di Gedung Putih, mogul properti itu tak henti membuat kebijakan yang kontroversial.

Maka, banyak yang menduga pidato Trump di hadapan anggota Kongres nantinya akan berisi pernyataan untuk meredakan kekhawatiran dari para penasihat politik, warga Negeri Paman Sam dan dunia secara keseluruhan mengenai kualitas kepemimpinannya.

Orang kepercayaan Trump mengatakan pidato Trump yang tayang di prime time akan disiarkan secara luas ke seluruh AS dan dunia. Sebagian besar akan berisi fokus balik kebijakan yang telah membantunya terpilih menjadi orang nomor satu di AS.

Trump pun sempat membocorkan isi pidatonya pagi ini ketika diwawancarai Fox & Friends pada Selasa pagi kemarin.

“Yang dapat saya lakukan yaitu berbicara dari hati dan mengatakan apa yang ingin saya lakukan,” ujar Trump di acara tersebut.

Menurut seorang pejabat berwenang senior fokus pidato Trump yakni kepada solusi nyata untuk memecahkan permasalahan orang lain. Dia memprediksi dalam pidatonya, Trump akan lebih banyak menyentuh isu ekonomi.

Dalam kampanyenya, kebijakan di bidang ekonomi justru berhasil menarik perhatian para pemilih di area-area penting seperti Michigan, Ohio dan Pennsylvania.

Sementara, banyak yang memprediksi pidato Trump akan kembali menegaskan kebijakannya untuk membatalkan kesepakatan perdagangan yang dianggap tidak menguntungkan bagi para pekerja AS. Kebijakan itu pun tidak luput dari kritik. Seolah-olah isi bulan madu Trump selama berkantor di Gedung Putih tidak pernah luput dari kritik dan cercaan.

Di satu sisi, banyak warga yang menanti apa yang dimiliki oleh Trump untuk menuntaskan isu tingginya pemberlakuan pajak dan reformasi di bidang kesehatan. Para penegak hukum pun tetap menerima baik terpilihnya Trump walaupun mereka frustasi karena tujuan pemerintahan yang kerap berubah-ubah.

Kendati begitu, menurut survei dari RealClearPolitics, sebanyak 44 persen warga AS berpikir Trump sudah melakukan kinerja yang baik selama duduk di kursi kepresidenan.

Sementara, kelompok oposisi dari Partai Demokrat diprediksi akan memberikan bantahan dari pidato Trump. Penasaran ingin melihat isi pidato Trump di hadapan anggota Kongres? Tandai laman ini untuk bisa menyaksikan pidato livenya pada Rabu, 1 Maret pukul 09:00 WIB. – dengan laporan AFP/Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!