Wakil Presiden AS Mike Pence kunjungi Indonesia pada 20 April

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Wakil Presiden AS Mike Pence kunjungi Indonesia pada 20 April

AFP

Sengketa antara PT Freeport Indonesia dan Pemerintah kemungkinan akan menjadi salah satu topik yang dibahas dalam kunjungan Pence ke Indonesia.

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) – Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence dijadwalkan tiba di Indonesia untuk melakukan kunjungan kenegaraan pada Kamis, 20 April. Ini merupakan kunjungan perdananya usai dilantik menjadi orang kedua yang paling berkuasa di Negeri Paman Sam. 

Dilansir dari situs resmi Gedung Putih, Pence akan bertemu dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Wakil Presiden Jusuf “JK” Kalla. 

“Selain itu, untuk memperingati hubungan 40 tahun AS-ASEAN, Wapres juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN dan Wakil Tetap AS untuk ASEAN,” tulis Gedung Putih dalam situs mereka yang diunggah pada Kamis, 6 April.

Pence juga dijadwalkan akan bertemu dengan para pengusaha Indonesia dan komunitas pengusaha Negeri Paman Sam yang berada di Jakarta. Rencana kunjungan wakil dari Presiden Donald Trump tersebut sebelumnya sudah dibenarkan oleh Menteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Wiranto.

Dia dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. bertemu di Kemenpolhukam yang salah satunya membahas kunjungan tersebut.

“Memang betul sekali, juga dibincangkan soal rencana kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat ke Indonesia,” ujar Wiranto di kantor Kemenpolhukam pada Senin, 13 Maret seperti dikutip media.

Perbincangan, ujar mantan purnawirawan TNI itu baru membahas soal substansi pembicaraan yang akan dibahas oleh Pence dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Apakah itu menyangkut isu kisruh antara Pemerintah Indonesia dengan PT Freeport? Wiranto tidak memberikan penjelasan secara detail.

Namun, dia berharap penyelesaian dari masalah itu bisa menemukan titik solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.

“Tentu mudah-mudahan, kami juga mengharapkan penyelesaian sengketa Freeport dapat dilaksanakan secepatnya dan juga mendapatkan satu jalan keluar untuk sama-sama meraih keuntungan. Terutama, Indonesia yang saat ini terus bertumpu pada UUD 1945 pasal 33 itu tidak terabaikan,” katanya lagi.

Permasalahan kedua belah pihak berawal dari Pemerintah Indonesia yang menuntut agar status usaha PT Freeport berubah dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Mereka mengaku dengan status usaha yang baru tidak memberikan kepastian jaminan investasi di Indonesia.

Bahkan, PT Freeport mengancam akan membawa isu tersebut ke jalur pengadilan arbitrase jika dalam kurun waktu 120 hari belum ditemukan solusi. (BACA: PT Freeport Indonesia akan gugat pemerintah ke pengadilan arbitrase)

Isu lain yang dibahas dalam pertemuan Wiranto dan Donovan yakni mengenai pemberantasan terorisme dan radikalisme. Donovan menyebut Indonesia termasuk salah satu negara yang menuai pujian dari negara lain dalam hal memberantas aksi teror.

Kunjungan Pence ini dilakukan usai Trump secara resmi menandatangani keppres penarikan AS dari kesepakatan Kemitraan Trans Pasifik (TPP) yang digadang-gadang oleh Presiden Barack Obama. Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat tahun 2015 lalu, Jokowi mengatakan Pemerintah Indonesia tengah mempertimbangkan untuk akhirnya bergabung dengan TPP. 

Kini, nasib kemitraan itu tidak jelas. Sebelumnya sudah ada 12 negara yang telah bersedia bergabung dengan TPP. Agar kemitraan itu bisa efektif berlaku, maka dibutuhkan minimum enam negara dengan total 85 persen perekonomian dunia untuk mengesahkan kesepakatan tersebut pada bulan Februari 2018. 

Tetapi, Jepang mengatakan absennya Negeri Paman Sam yang memiliki pangsa pasar sekitar 250 juta orang dari TPP, maka membuat kesepakatan itu tidak bermakna. 

Fokus Asia Pasifik

Jakarta tidak hanya menjadi satu-satunya tempat perhentian Pence. Negara pertama yang dikunjunginya adalah Korea Selatan pada 16 April. Di sana, dia akan menghabiskan Minggu Paskah bersama sang istri Karen Pence dan kedua puteri mereka yang turut diajak. 

Pence akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden sementara Korsel, Hwang Kyo-ahn dan Ketua Parlemen, Chung Sye-kyun. Dia juga akan bertemu dengan komunitas pengusaha yang ada di sana. 

Tujuan kedua kunjungan kenegaraan Pence adalah Jepang pada 18 April. Di Negeri Sakura, selain bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe, Pence akan memimpin dialog ekonomi AS-Jepang bersama Wakil PM Taro Aso. Pertemuan keduanya jelas menentukan, lantaran Negeri Paman Sam secara resmi menarik diri dari kemitraan dagang Pasifik (TPP). 

Pence juga menyempatkan diri untuk meninjau kapal induk militer mereka yakni USS Ronald Reagan (CVN 76). Kapal tersebut menjadi bagian dari tujuh armada AS yang tersebar di seluruh dunia dan ditempatkan di Yokosuka. 

Usai dari Jakarta, Pence melanjutkan perjalanan ke Australia pada 22 April dan Hawaii di tanggal 24 April. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!