KH Hasyim Muzadi tutup usia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

KH Hasyim Muzadi tutup usia
Presiden Joko "Jokowi" Widodo sempat menjenguk Hasyim Muzadi sehari sebelum dia wafat.

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Hasyim Muzadi tutup usia pada Kamis pagi, 16 Maret di kediamannya di Malang sekitar pukul 06:15 WIB. Informasi ini disampaikan oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melalui akun Twitternya.

Sehari sebelum wafat, Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjenguk almarhum di kediamannya yang terletak di Jalan Cengger Ayam, Malang. Jokowi sempat diberikan penjelasan mengenai kondisi kesehatan pria yang pernah menjabat sebagai Ketua PBNU tersebut.

“Kita semua berdoa semoga Beliau segera diberi kesembuhan secepatnya. Semoga Beliau diberikan kesembuhan secepatnya,” ujar Jokowi melalui keterangan tertulis yang disampaikan Biro Pers Istana pada Rabu, 15 Maret.

Hasyim sempat dirawat di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur pada tanggal 11-13 Maret. Dalam surat keterangan yang diterbitkan pada tanggal 13 Maret lalu, Kepala RS Lavalette, Abdul Rokhim mengatakan Hasyim sebenarnya masih perlu menjalani masa pemulihan di rumah sakit.

“Akan tetapi, Kyai Hasyim ingin menjalani masa pemulihan di kediamannya agar lebih dekat dengan para santrinya,” ujar Abdul membacakan keterangan itu.

Sementara, Ketua PBNU, Said Aqil Siroj mengatakan sudah sejak lama Hasyim menderita penyakit liver. Menurut informasi yang dia peroleh dari anggota keluarga, jasad Hasyim rencananya akan dimakamkan di dekat pesantrennya di Al-Hikam, Depok. Usai dzhuhur nanti, jenazah akan diberangkatkan dari Malang ke Depok. 

Dipenuhi pelayat

Saat ini rumah KH Hasyim Muzadi telah dipenuhi ratusan pelayat. Mereka tak hanya datang untuk mengucapkan belasungkawa, tapi juga untuk bertahlil mendoakan almarhum.

Sejumlah santri sibuk berjaga di pintu masuk Pondok Pesantren Al Hikam. Mereka hanya mengizinkan petazkiah yang masuk ke pondok tersebut. Sementara aparat Kepolisian telah menutup jalan akses menuju pondok.

Disalatkan di Masjid Pondok Al Hikam

Jenazah KH Hasyim Muzadi disalatkan di Masjid Pondok Pesantren Al Hikam sekitar pukul 09.30 WIB. Ratusan pelayat menyesaki masjid untuk ikut menyalatkan almarhum. Suara tahlil dari para santi mengiringi salat untuk Hasyim Muzadi. Rencananya jenazah Hasyim Muzadi akan dibawa ke Depok untuk dimakamkan.

 

 

Jusuf Kalla akan pimpin upacara pemakaman

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan memimpin upacara pemakaman KH Hasyim Muzadi di di Ponpes Al Hikam, Depok, Kukusan, Beji, Jawa Barat. Rencananya jenazah almarhum akan dibawa ke Depok setelah zuhur. 

KH Hasyim Muzadi tercatat masih menjabat sebagai anggota Wantimpres sejak tanggal 19 Januari 2015. Dia wafat di usia 72 tahun dan meninggalkan satu istri. Selamat jalan KH Hasyim Muzadi!  Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!