2.500 orang siap ramaikan aksi 313

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

2.500 orang siap ramaikan aksi 313
Mereka akan bergerak dari Masjid Istiqlal menuju Istana Negara

BANDUNG, Indonesia — Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan memperkirakan jumlah peserta aksi 313 yang akan turun ke jalan pada Jumat, 31 Maret 2017, berjumlah sekitar 2.500 orang.

“Pemberitahuannya 20.000 orang tapi informasi yang kami dapat jumlahnya 2.500 orang,” kata Kapolda Irjen M. Iriawan di Jakarta, Kamis 30 Maret 2017.

Aksi 313 akan digelar oleh Forum Umat Islam (FUI). Mereka akan menuntut Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dicopot dari Gubernur DKI Jakarta karena dianggap telah menodai agama.

Rencananya aksi berupa long march akan dimulai setelah salat Jumat. Dari Masjid Istiqlal mereka akan bergerak menuju Istana Negara. Semula, dari Istana Negera, mereka akan berjalan menuju Gedung DPR/MPR.  Namun Polda melarangnya karena jaraknya terlalu jauh sehingga bisa mengganggu lalu-lintas.

Di tempat terpisah, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan penyelenggara aksi 313 untuk memastikan aksi unjuk rasa berjalan tertib. “Kami sepakat untuk menampilkan kegiatan yang damai,” kata Boy di Mabes Polri, Kamis 30 Maret 2017.

Polisi, Boy melanjutkan, juga meminta koordinator lapangan aksi untuk tidak menyampaikan orasi berbau kebencian dan SARA. “Hal sifatnya provokatif, kami berharap tidak ada,” kata Boy.

Sementara untuk pengamanan, Boy melanjutkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah personel, mulai dari Reserse, Brimob, hingga Detasemen Khusus 88 Antiteror. Kehadiran Densus 88 untuk mengantisipasi aksi teror. “Jika ada penyusupan teror, itu juga kami antisipasi sudah dilakukan Densus 88,” kata Boy.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!