Isi lengkap surat Ahok yang ditulis di tahanan Mako Brimob

Ursula Florene

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Isi lengkap surat Ahok yang ditulis di tahanan Mako Brimob

ANTARA FOTO

“Saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini,”

JAKARTA, Indonesia — Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menyampaikan perasaannya dalam secarik surat yang ia tulis sendiri di Markas Komando Brimbob Kelapa Dua, Jawa Barat.

Surat tersebut dibacakan istri Ahok, Veronica Tan, dalam jumpa pers yang digelar di sebuah restoran yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 23 Mei.

Dalam surat tersebut, Ahok mengatakan dirinya telah menerima semua hal yang menimpanya hingga ia harus mendekam di balik jeruji. “Saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini,” tulis Ahok seperti dibacakan Veronica.

Ahok meminta para pendukungnya untuk juga menerima apa yang telah terjadi dengan tidak lagi menggelar unjuk rasa. “Alangkah ruginya warga DKI dari sisi kemacetan dan kerugian ekonomi, akibat adanya unjuk rasa yang menganggu lalu lintas.”

Selain itu Ahok juga mengucapkan terima kasihnya kepada para pengunjuk rasa yang menaati aturan dan telah menyalakan lilin perjuangan. “Mari kita tunjukkan dan percaya bahwa Tuhan tetap berdaulat,” kata Veronica membacakan surat Ahok.

Berikut isi lengkap surat Ahok yang ditulis di tahanan Mako Brimob:

Rumah Tahanan Depok, Minggu 21 Mei 2017,

Kepada para relawan dan pendukung Ahok yang saya cintai, semua mereka yang telah menjalankan proses demokrasi di mana pun berada. Saya telah banyak berpikir tentang kejadian yang telah saya alami.

Saya mau berterima kasih kepada saudara-saudara saya yang terus mendukung saya dalam doa, kiriman bunga, makanan, kartu ucapan, surat, buku-buku bahkan dengan berkumpul menyalakan lilin.

Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan ini. Apalagi saya. Tetapi saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini. Jika untuk kebaikan kita dalam berbangsa dan bernegara, alangkah ruginya warga DKI dari sisi kemacetan dan kerugian ekonomi, akibat adanya unjuk rasa yang menganggu lalu lintas.

Tidak lah tepat saling unjuk rasa dan demo dalam proses yang saya alami saat ini. Saya khawatir banyak pihak akan menunggangi jika para relawan unjuk rasa, apalagi benturan dengan pihak lawan yang tidak suka dengan kita.

Terima kasih telah melakukan unjuk rasa yang taat aturan dan menyalakan lilin perjuangan, konstitusi ditegakkan di NKRI dengan Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Mari kita tunjukan dan percaya bahwa Tuhan tetap berdaulat dan memegang kendali sejarah setiap bangsa. Kita tunjukkan bahwa kita adalah orang yang beriman kepada Tuhan YME pasti mengasihi sesama manusia, pasti menegakan kebenaran dan keadilan bagi sesama manusia.

Gusti ora sare, put your hope in the Lord now and always. Mazmur 131 ayat 3. Kalau dalam iman saya, saya katakan: The Lord will work out his plan for my life Mazmur 138 ayat 8a.

Ahok BTP

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!