Tawa Raja Swedia saat tahu alasan penggunaan nama Viking

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tawa Raja Swedia saat tahu alasan penggunaan nama Viking
Ridwan Kamil berharap akan ada pemain Eropa seperti Zlatan Ibrahimmovic yang memperkuat Persib.

BANDUNG, Indonesia – Momen yang ditunggu-tunggu Viking Fans Club akhirnya terwujud. Komunitas Bobotoh Persib terbesar di Indonesia itu bertemu dengan pasangan Kerajaan Swedia, Raja Carl XVI Gustav dan Ratu Silvia.

Sebanyak 50 orang anggota Vikers – sebutan untuk anggota Viking – di sela kunjungan kerajaan yang berlangsung di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum pada Rabu, 24 Mei. Viking sengaja diundang hadir atas permintaan Ratu Silvia yang ingin bertemu dengan komunitas supporter bola Persib Bandung itu.

Ketertarikan sang ratu karena nama yang dipakai adalah nama sebuah suku bangsa dari Skandinavia yang dikenal sebagai bangsa penakluk yang perkasa dengan keberanian yang luar biasa. Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan Raja Carl XVI Gustaf sempat heran ketika mengetahui ada sebuah komunitas di Bandung yang memakai nama suku bangsa di negaranya.

“Saya bilang itu sudah ada 23 tahun yang lalu. Yang Mulia bertanya lagi kenapa (nama itu) dipilih, saya bilang karena semangat juang Vikingnya jadi inspirasi, beliau tertawa,” ujar Emil menceritakan kisah tersebut di sela pertemuan pasangan kerajaan itu di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Rabu, 24 Mei.

Di antara sejumlah agenda yang dijalani, Ridwan menilai, pertemuan dengan Viking Fans Club paling membuat Raja Carl dan Ratu Silvia terkesan. Ia berharap, pertemuan itu berlanjut dengan sebuah kerja sama ke depannya.

“Kelihatannya yang paling memorable adalah pertemuan dengan Viking Persib. Mudah-mudahan ujungnya ada kerjasama, apakah (pemain Eropa) Zlatan Ibrahimmovic, kayak Michael Essien, ujungnya ke Persib. Saya enggak tahu, tapi everybody happy,” katanya berharap.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, yang turut hadir dalam pertemuan itu, mengaku senang dengan undangan dari Raja dan Ratu Swedia. Seperti Emil – panggilan akrab Ridwan Kamil – Umuh juga berharap bisa menjalin kerja sama dengan negara di benua Eropa itu.

“Siapa tahu Raja ke Viking memberikan bantuan. Mungkin kami diundang ke sana, saya siap untuk datang,” kata Umuh.

Kendati hanya bisa menerima 50 orang Vikers, tetapi Umuh mengaku puas. Padahal, niat semula dia ingin dapat mengundang hingga 10 ribu Bobotoh dalam waktu sekejap. Umuh mengklaim, Viking merupakan komunitas supporter bola dengan jumlah anggota terbanyak di dunia.

“Yang terdaftar (sebagai anggota) 9 juta orang, belum lagi yang tidak terdaftar, mungkin bisa sampai 20 juta orang anggotanya,” kata dia mengklaim.

Hadiah dari Vikers

Sementara Yana Umar, salah satu pengurus Viking Fans Club, mengaku terkejut menerima undangan dari Raja dan Ratu Swedia. Seluruh Bobotoh antusias untuk memenuhi undangan itu, walaupun dibatasi.

“Sangat luar biasa, terkejut dengan seorang raja dan ratu pengen ketemu supporter Persib, sangat luar biasa,” katanya.

Kepada Raja Carl dan Ratu Silvia, para Vikers membuat spanduk bertuliskan selamat datang dalam bahasa Swedia. Mereka juga memberikan souvenir dalam bentuk pernak-pernik Viking. Sayangnya, cindera mata itu tidak bisa dberikan langsung karena aturan protokoler. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!