Selama di Bali, Obama memilih menginap di Ubud

Bram Setiawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Selama di Bali, Obama memilih menginap di Ubud

EPA

Barack Obama tiba di Bali pada Jumat, 23 Juni sekitar pukul 17:55 WITA

DENPASAR, Indonesia – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan tiba di Pulau Bali untuk berlibur bersama keluarga pada Jumat, 23 Juni sekitar pukul 17:55 WITA. Namun, berbeda dari kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, tidak ada penyambutan khusus bagi Obama.

Asisten Pemerintahan Provinsi Bali I Dewa Putu Eka Wijaya Wardana mengatakan walau tidak disambut dengan tari pendet, tetapi beberapa pejabat tinggi ikut menyambut di bandara. Mereka antara lain Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kapolda Bali, Pangdam IX/Udayana, dan Komandan Pangkalan Udara Ngurah Rai.

“Tidak ada sambutan (khusus) apa pun,” ujar Putu yang ditemui usai rapat koordinasi persiapan kedatangan Obama di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali pada Kamis, 22 Juni.

Begitu tiba di Pulau Dewata, Obama, Michelle, Malia dan Sasha akan langsung menuju ke tempat mereka menginap di daerah Ubud. Para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan padi dan alam yang asri di area tersebut. Mereka memilih menginap di Hotel Four Season Ubud.

“Begitu (Obama) datang, mereka langsung ke tempat menginap. Ini merupakan permintaan dari Obama untuk menginap di Ubud,” tutur Putu.

Selain dengan keluarga into, Obama juga akan mengajak sembilan orang lainnya. Lalu, objek wisata mana saja yang akan mereka kunjungi selama berada di Bali? Putu mengatakan sudah melakukan survei beberapa objek wisata. Tetapi, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Obama dan keluarga untuk mengunjungi area mana pun.

Terkait dengan lokasi kunjungan rekreasi, hal tersebut masih tentatif. Tetapi, untuk berkeliling Bali, Obama sudah membawa kendaraan pribadi.

Lalu, bagaimana dengan standar pengamanan bagi Presiden AS selama dua periode itu? Komandan Korem 163 Wira Satya Kolonel Arh I Gede Widiyana mengatakan untuk pengamanan kedatangan Obama tidak ada atensi khusus. Pengamanan akan tetap diberlakukan sesuai prosedur.

“Perlakuan terhadap mantan Presiden tetap berlaku standar VVIP. Kami siapkan pengamanan yang sudah melekat. Sudah ada prosedur ring 1,2, dan 3,” kata dia.

Widiyana mengatakan selama berlibur, Obama menginginkan ada privasi dan tidak akan menganganggu kegiatan pariwisata di Bali.

“Kami tidak ada kendala (untuk pengamanan), kami hanya menekankan kembali, setiap operasi itu baru, walaupun sudah biasa,” tuturnya.

Obama dan keluarga akan berada di Bali hingga tanggal 28 Juni. Lalu, mereka akan berkunjung ke Yogyakarta dan terbang ke Jakarta untuk menerima undangan makan siang bersama Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana Bogor. Pada tanggal 1 Juli, Obama akan menjadi pembicara di Kongres Diaspora di Kota Kasablanka. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!