Obama tantang adrenalin dengan bermain rafting di Sungai Ayung

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Obama tantang adrenalin dengan bermain rafting di Sungai Ayung

ANTARA FOTO

Obama dan keluarga terlihat menikmati permainan arung jeram dan saling melempar air

JAKARTA, Indonesia – Memasuki hari ketiga waktu liburnya, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama menantang adrenalinnya dengan bermain arung jeram di Sungai Ayung. Lokasi wisata ini tidak jauh dari tempatnya menginap di Four Seasons Hotel and Resort di Sayan, Ubud.

Iring-iringan kendaraan yang membawa Obama dan keluarga tiba di Banjar (Dusun) Dinas Karang Dalem I di Desa Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiensemal, Kabupaten Badung, sekitar pukul 11:00 WITA pada Senin, 26 Juni. Lokasi itu merupakan titik awal untuk memulai wisata air menantang adrenalin tersebut.

Obama tampak mengenakan baju kaos berwarna putih lengkap dengan kaca mata hitam, jaket pelampung berwarna orange dan helm khusus berwarna kuning. Dia didampingi sang istri Michelle dan kedua putrinya Malia Ann dan Natasha. Mereka berempat bermain arung jeram di dalam satu perahu karet yang sama.

Menurut pemandu perahu yang membawa Obama dan keluarga, Made Yusana, mereka sangat menikmati waktu bermain arung jeram.

“Obama dan keluarga ikut mendayung juga. Mereka ikut sesuai perintah saya. Rafting lancar dan semua sesuai perhitungan kita,” ujar Made seperti dikutip media.

Total petualangan arung jeram itu menghabiskan waktu sekitar 90 menit. Rombongan sempat berhenti di dua lokasi yakni di bendungan dan Pura Pancoran Golong.

“Mereka ingin mencari air suci. Kami berhenti sekitar 5-10 menit. Jadi, kurang lebih ada sekitar 90 menit sampai ke garis finis,” kata dia.

Made mengatakan selain keluarga inti, ada total 30 orang yang ikut bermain arung jeram. Mereka menumpang di dalam enam perahu karet.

“Ada 30 orang total. Ada 6 perahu dan satu perahu diisi enam (orang) plus pemandu. Dia sempat berenang di depan bendungan, tepatnya di depan Sobek, kurang lebih 5 menit, semua turun,” katanya.

Made menyaksikan sendiri betapa keluarga Obama sangat menikmati permainan arung jeram. Dia mengatakan ketika ada jeram, Obama dan keluarga saling bercanda. Mereka saling siram air dengan rekan yang ada di perahu lain. (BACA: FOTO: Obama “mudik” ke Indonesia)

Lalu, berapa biaya yang dihabiskan Obama dan keluarga untuk bermain arung jeram? Pemilik Desa Rafting Adventure, I Nyoman Ariati mengatakan paket rafting Obama sudah dipesan sejak Minggu sore kemarin dengan harga sekitar US$ 77 atau sekitar Rp 1 juta per orangnya.

“(Mereka memesan) sekitar 20-an pax sama body guardnya. Mereka sekeluarga satu boat khusus dan rombongannya di perahu yang lain,” ujar Ariati di kantornya dan dikutip media.

Dia mengatakan salah satu staf Obama menghubungi kantornya pada Minggu sore dan memesan paket rafting untuk pukul 11:30 WITA. Peralatan yang diminta standar, tetapi baru. Obama sendiri, kata Ariati, tidak meminta adanya pelayanan istimewa.

Namun, aspek keamanan disiapkan dan menggunakan satu perahu tim advance dan penutupan sungai selama 40 menit.

“Guidenya kami tugaskan yang profesional dan senior, operasional normal. Hanya saja 20 menit sebelum Obama berangkat dan 20 menit setelah berangkat tidak ada yang melintas sungai,” katanya. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!