Philippine economy

Obama sebut Candi Borobudur simbol toleransi di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Obama sebut Candi Borobudur simbol toleransi di Indonesia

ANTARA FOTO

Sayang, Obama dan keluarga tidak sempat menyaksikan matahari tenggelam ketika tiba di Candi Borobudur

JAKARTA, Indonesia – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengaku kagum terhadap Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Menurutnya, candi khas Buddha itu merupakan simbol harmoni dan toleransi umat beragama.

Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edi Setijono usai mendampingi Obama mengatakan Presiden ke-44 Negeri Paman Sam itu sangat kagum karena kondisi candi terjaga dengan baik. Padahal, mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.

“Obama sangat terkesan. Ini merupakan kunjungan kedua (ke Candi Borobodur). Saat kecil (dia) pernah ke Borobodur dan sekarang datang lagi bersama keluarganya. Ini sangat indah dan merupakan simbol toleransi,” ujar Edi pada Rabu, 28 Juni.

Dalam kunjungan sore tadi, Obama dan keluarga naik hingga ke puncak candi. Mereka datang pukul 16:35 WIB melalui pintu barat (Kenari) dan turun sekitar pukul 17:18 WIB.

Sayangnya, Obama dan keluarga tidak sempat menyaksikan matahari tenggelam karena waktunya tak terkejar. Dia berharap kunjungan Obama bisa mendongkrak pariwisata terhadap Candi Borobodur. Kunjungan dari pemimpin negara lain menandakan candi aman untuk dikunjungi.

Obama dan keluarga akan berada di Yogyakarta hingga tanggal 30 Juni. Bagi Obama, kota Gudeg bukan lah tempat yang asing.

Dia kerap menghabiskan waktu liburan panjang ketika masih tinggal di Jakarta bersama Ann Dunn, sang ibu dan Barry Soetoro, ayah tirinya. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!