Obama kagumi struktur batu Candi Prambanan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Obama kagumi struktur batu Candi Prambanan
“Obama sangat mengapresiasi Candi Prambanan dan menyatakan Candi Prambanan sangat indah."

JAKARTA, Indonesia — Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi Kompleks Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta, Kamis pagi, 29 Juni 2017. Obama menyempatkan diri masuk ke Candi Brahma, Candi Siwa, dan Candi Wisnu.

“Obama sangat mengapresiasi Candi Prambanan dan menyatakan Candi Prambanan sangat indah,” kata Kepala Seksi Perlindungan pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta Wahyu Astuti.

Selama di Prambanan, Obama tampak mengamati struktur bangunan candi. Ia terlihat mengagumi candi-candi tersebut, termasuk dua candi pendamping yang sedang dipugar, yakni Candi Nandi dan Candi Perwar.

“Obama waktu masa kecil tinggal di Yogyakarta pernah berkunjung ke Candi Prambanan, dan waktu itu Candi Nandi belum dipugar dan hanya berbentuk batu yang berserakan. Obama sempat bernostalgia di Candi Nandi,” katanya.

Selain mengagumi keindahan Candi Prambanan, Obama juga memuji sistem kait antarbatu yang membuat candi berdiri dengan kokoh meski tanpa perekat. “Obama mengamati bagaimana proses pemugaran dan bagaimana struktur susunan batu-batu,” kata Wahyu Astuti.

Obama bersama rombongan tiba di Kompleks Candi Prambanan pada pukul 09:45 WIB dan menghabiskan waktu sekitar satu jam di Prambanan sebelum bertolak ke Puncak Becici di Bantul. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!