Obama: Jokowi adalah sosok yang berintegritas

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Obama: Jokowi adalah sosok yang berintegritas
"Jokowi adalah seseorang yang tulus dan ingin melakukan berbagai hal demi kebaikan warga Indonesia," kata Obama

JAKARTA, Indonesia – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memuji Presiden Joko “Jokowi” Widodo sebagai sosok yang penuh dengan integritas. Pendapatnya itu disampaikan di hadapan sekitar 9.000 hadirin di The Hall Kota Kasablanka ketika memberikan pidato kunci pada Sabtu, 1 Juli.

Obama bertemu dengan mantan Gubernur DKI itu pada Jumat sore, 30 Juni. Disambut oleh Jokowi di Istana Bogor, Obama yang berpenampilan kasual mengucapkan “apa kabar”.

Foto-foto pertemuan mereka pun langsung viral di media maya dan menggambarkan seolah kedua pemimpin sudah kenal lama.

“Kemarin saya memiliki kesempatan untuk bertemu Presiden Anda. Ketika kami bekerja sama, saya selalu menilai Jokowi sebagai sosok yang penuh integritas. Seseorang yang secara tulus ingin melakukan berbagai hal demi kebaikan warga Indonesia,” kata Obama yang disambut tepuk tangan meriah Sabtu kemarin.

Presiden ke-44 AS itu pun mengaku bahagia mendengar bahwa Jokowi terus memprioritaskan beberapa hal dalam pemerintahannya, termasuk pembangunan infrastruktur, ekonomi, investasi dan pembangunan SDM bagi semua warga Indonesia.

Dalam forum tersebut, Obama berbagi kisah mengapa akhirnya ia berlibur ke Indonesia. Menurut dia, itu merupakan janji yang pernah disampaikan ke Jokowi.

“Saya katakan kepada Jokowi bahwa Indonesia adalah negara pertama di Asia yang akan saya kunjungi setelah tidak lagi menjabat sebagai Presiden, karena saya percaya masa depan negara ini,” tutur Obama.

Ternyata janji itu dipenuhi. Bahkan, untuk memberikan makna lebih dalam untuk liburannya ke Indonesia, Obama turut memboyong seluruh keluarga intinya termasuk Michelle, Malia, Sasha dan adik tirinya Maya Soetoro.

Mantan senator bagian Illinois itu bahkan bercerita jika Maya dilahirkan di Rumah Sakit St. Carolus yang berada di daerah Salemba pada tahun 1970. Maka tak heran jika dalam pidatonya di Kokas, Obama kembali mengatakan “Indonesia Bagian Dari Diri Saya”.

Perbincangan antara Obama dengan Jokowi di Cafe Grand Garden terlihat cair dan santai. Bahkan, ketika hujan mengguyur kota Bogor, Obama menghabiskan santapan bakso yang disajikan oleh pihak restoran.

Jokowi berharap Obama dan keluarga akan semakin sering berkunjung ke Indonesia, kampung halamannya. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!