256 kg sabu disita di Pluit, Sri Mulyani: 1,5 juta orang selamat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

256 kg sabu disita di Pluit, Sri Mulyani: 1,5 juta orang selamat
Satu pelaku tewas ditembak

JAKARTA, Indonesia — Tim gabungan yang terdiri dari Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Bareskrim Polri dan Bea Cukai menggerebek sebuah rumah di Jalan Pluit Karang Cantik, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu malam, 26 Juli 2017.

Dari rumah yang dijadikan gudang tersebut, tim gabungan berhasil menyita 256 kg sabu. Ratusan kilogram barang haram tersebut disembunyikan di dalam mesin pemoles sepatu. 

“Ini disimpan di mesin poles. Ada delapan mesin. Tiap mesin ada delapan kotak,” kata Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari, Rabu malam. Arman mengatakan sabu tersebut berasal dari Tiongkok.

Arman mengatakan pengungkapan ratusan sabu ini berdasarkan informasi dari Kepolisian Tiongkok. Berdasarkan informasi tersebut, petugas pun langsung bergerak menuju lokasi.

Dalam penggerebekan ini petugas menangkap tiga pelaku, satu di antaranya berwarga negara Taiwan, yakni Khe Huan Hong. Khe Huan Hong tewas ditembak karena melawan saat ditangkap. Sementara dua pelaku lainnya adalah warga Indonesia.

Menyelamatkan 1,5 juta orang

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga membawahi Bea Cukai datang ke lokasi penggerebekan sekitar pukul 22:30 WIB. Ia terkejut saat melihat barang bukti yang begitu banyak.

“Penggerebekan sabu ini menyelamatkan 1,5 juta orang,” kata Sri Mulyani kepada media. Ia menambahkan, jika digabung dengan penggerebekan 1 ton sabu beberap waktu lalu di Anyer, maka setidaknya 8 juta orang telah diselamatkan dari narkoba. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!