Gempa 6,6 SR guncang Bengkulu

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gempa 6,6 SR guncang Bengkulu
Getaran gempa terasa hingga Kota Padang

JAKARTA, Indonesia – Gempa dengan kekuatan 6,6 pada skala Richter mengguncang Kota Bengkulu dan sekitarnya pada pukul 10:08 WIB, Minggu 13 Agustus 2017. Kuatnya goncangan membuat warga setempat berhamburan keluar rumah.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu Sudiyanto mengatakan gempa berlokasi di laut, 71 kilometer arah barat daya Bengkulu Utara. “Kalau dari skala berpotensi tsunami, tapi kami masih menunggu arahan pusat,” kata Sudiyanto.

BMKG mencatat pusat gempa berlokasi di 3.75 Lintang Selatan, 101.56 Bujur Timur atau 71 kilometer barat daya Bengkulu utara, dengan kedalaman 10 kilometer. Getaran juga dirasakan hingga Kota Padang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPNB) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat setidaknya tiga bangunan rumah warga rusak akibat gempa ini. Ketiga rumah tersebut berlokasi di Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Ipuh dan Sungai Rumbai. 

“Konstruksi bangunan rumah warga yang rusak akibat gempa bumi sedikit lapuk sehingga bangunan rumah itu mudah rusak saat diguncang gempa bumi,” kata Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Ramdani, Minggu 13 Agustus 2017.

Selain itu ketiga rumah tersebut juga rubuh karena lokasinya yang berada tidak jauh dari pusat gempa bumi, sehingga getaran gempa yang dirasakan warga di wilayah tersebut lebih kencang dibandingkan kecamatan lain.

Ramdani mengatakan jumlah rumah rusak akibat gempa ini sangat mungkin bertambah karena belum semua informasi diterima BNPB. Namun sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa. 
—dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!