Kontes baju adat terbaik, kejutan Jokowi di Hari Kemerdekaan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kontes baju adat terbaik, kejutan Jokowi di Hari Kemerdekaan
Lima tamu undangan terpilih dalam kontes kostum adat terbaik dalam peringatan hari kemerdekaan di Istana

 

JAKARTA, Indonesia — Perayaan Hari Kemerdekaan di Istana Negara tahun ini memang berbeda. Tidak saja karena baju adat yang dikenakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan para tamu undangan, tapi juga karena unsur kejutannya.

Kejutan, antara lain, terjadi ketika Presiden Jokowi tiba-tiba beranjak dari tempat duduknya ketika para tamu undangan tengah asyik menikmati pagelaran kesenian sambil menunggu upacara dimulai.

Dengan langkap tegap, dengan sedikit penjagaan, Presiden menghampiri para tamu undangan dan menyapa mereka. Tak ada yang menyangka jika saat itu Presiden tak sekedar menyapa tamu, tapi juga menilai mereka.

Sebab Presiden Jokowi, tanpa sepengetahuan para tamu undangan, adalah juri untuk kontes baju adat terbaik. Selain Presiden Jokowi, juri lainnya adalah Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Hasil penilaian baru diumumkan setelah upacara peringatan kemerdekaan selesai dilakukan. Saat itu Presiden Jokowi naik ke mimbar kehormatan dan memberikan pengumuman dan memanggil lima nama. 

Mereka yakni Yasonna Laoly, Oesman Sapta Odang, Syarif Muhammad Fitriansyah, Tri Suswati Karnavian dan Agathi Suli Mahyudin. Mereka inilah pemenang kontes baju adat terbaik dalam perayaan kemerdekaan tahun ini.

“Saya telah menyiapkan lima sepeda,” kata Presiden Jokowi yang langsung disambut tawa para tamu undangan.

Setelah sepeda diberikan, Syarif dan Yasonna Laoly langsung mencobanya dengan mengayuhnya di sekitar halaman Istana Merdeka. Senyum para pengunjung pun langsung kembali merekah.  —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!