Sketsatorial: Visi-misi Anies-Sandiaga dalam Pilkada DKI 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sketsatorial: Visi-misi Anies-Sandiaga dalam Pilkada DKI 2017
Apa saja visi dan misi Anies-Sandiaga dalam pilkada DKI Jakarta 2017?

JAKARTA, Indonesia — Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3. 

Siapa Anies Baswedan? Siapa pula Sanidaga Uno? Apa saja visi dan misi mereka dalam pilkada DKI Jakarta 2017 kali ini? 

Simak uraiannya dalam Sketsatorial Rappler Indonesia. 

Anies Baswedan adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ke–26 di Kabinet Kerja yang menjabat sejak 26 Oktober 2014 sampai 27 Juli 2016. 

Lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969, Anies merupakan cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan. Ia menginisiasi gerakan Indonesia Mengajar dan menjadi rektor termuda yang pernah dilantik oleh sebuah perguruan tinggi di Indonesia pada 2007, saat ia menjadi Rektor Universitas Paramadina. Ketika itu ia berusia 38 tahun. 

Sementara Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha muda lulusan Wichita State University, Amerika Serikat, dengan predikat summa cum laude. 

Lahir di Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969, Sandiaga Uno merupakan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2005-2008. Pada 2011, ia tercatat sebagai orang terkaya urutan ke–37 di Indonesia menurut majalah Forbes. 

Pasangan Anies dan Sandiaga Uno oleh koalisi dua partai, yaitu Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera. Visi pasangan ini untuk Jakarta 2017–2022 adalah Jakarta sebagai kota yang maju dan beradab dengan seluruh warga merasakan keadilan dan kesejahteraan. 

Adapun misinya dalam mewujudkan itu adalah: 

  1. Membangun manusia Jakarta menjadi warga yang berdaya dengan menghadirkan kepemimpinan HUMANIS serta MENGAYOMI, penggerak birokrasi yang efektif, menjaga stabilitas dan keterjangkauan harga bahan pokok, membangun sektor kesehatan, pendidikan, kebudayaan serta menyelesaikan masalah-masalah sosial
  2. Membangun lingkungan kota Jakarta secara BERKELANJUTAN dengan perencanaan yang memperhatikan daya dukung lingkungan dan sosial
  3. Membangun KESEJAHTERAAN dengan menciptakan lapangan kerja, pembangunan infrastruktur, dan penanggulangan masalah mobilitas warga kota. 

Program kerja unggulan pasangan Anies dan Sandiaga berfokus pada 6 isu utama, yaitu: 

  1. Menjaga stabilitas harga bahan pokok
  2. Menciptakan lapangan pekerjaan
  3. Membangun sistem pengawasan dan prioritas untuk pengelolaan belanja anggaran Pemerintah Daerah yang lebih efektif
  4. Pembangunan menyeluruh dalam aspek SDM maupun infrastruktur fisik
  5. Menyelenggarakan good governance berbasis transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi
  6. Penanggulangan masalah Jakarta yang menahun yaitu masalah air (banjir dan persediaan air bersih), mobilitas (kemacetan), dan pengelolaan sampah

—Rappler.com

Sketsatorial adalah kolom mingguan Rappler tentang isu-isu penting yang dibahas dengan menggunakan video sketsa, dan dibuat oleh Iwan Hikmawan. Follow Iwan di Twitter @Sketsagram.

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!