Ada hasil karya anak bangsa di film ‘Moana’

Yetta Tondang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ada hasil karya anak bangsa di film ‘Moana’
Griselda Sastrawinata terlibat sebagai Visual Development Artist di Walt Disney Animation Studios yang memproduksi film ‘Moana’

JAKARTA, Indonesia – Satu lagi, perwakilan Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di bidang animasi. Sosok Griselda Sastrawinata, wanita asal Jakarta, yang kali ini terlibat di proyek film animasi Disney terbaru yang bertajuk ‘Moana’.

Griselda yang sudah 15 tahun menetap di Amerika Serikat ini tercatat sebagai Visual Development Artist di Walt Disney Animation Studios. Griselda baru bergabung di Walt Disney Animation Studios setahun belakangan ini.

Film Moana adalah film Disney pertama yang digarap oleh Griselda. Sebelumnya, selama 9 tahun, alumni Sekolah Pelita Harapan ini sudah bekerja di banyak rumah produksi animasi ternama lainnya di Amerika Serikat.

“Rasanya senang sekali dan bangga bisa kembali ke sini,” uajr Griselda saat ditemui di gelaran press conference film Moana pekan lalu di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan.

Giselda dan Maudy Ayunda saat menghadiri press conference film 'Moana', pekan lalu di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta. Keduanya ikut terlibat di film 'Moana' produksi Disney. Maudy menyanyikan soundtrack dalam Bahasa Indonesia, sementara Griselda mengerjakan desain animasi di film ini. Foto oleh Yetta Tondang/Rappler.com.

Kehadiran Griselda sebagai perwakilan Wat Disney Studios kali ini memag cukup istimewa. Selain mempromosikan film Moana, Griselda pun terlibat dalam serangkaian acara, salah satunya gelaran workshop The Making of Moana dan How to Draw Moana & Maui.

Kepada kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari mahasiswa, blogger, sineas, influencer dan pembuat film, Griselda berbagi pengalamannya saat mengerjakan proyek film Moana.

“Untuk mengerjakan film Moana, dibutuhkan personel sekitar 800 orang yang berasal dari 25 negara. Kami terbagi dalam 10 departemen yang memiliki tugas masing-masing.

Sebagai Visual Development Artist, di film Moana ini Griselda secara khusus mengerjakan desain dari kain tapa, kain khas daerah kepulauan Samudera Pasifik yang memiliki motif yang khas dan berbeda setiap kainnya.

Selain itu, Griselda juga mengerjakan seluruh desain untuk popok tradisional anak-anak di Pulau Motonui, pulau yang menjadi latar belakang utama cerita film Moana.

“Setiap film Disney itu pasti dimulai dengan penelitian, kemudian tumbuhlah inspirasi. Dari hasil research itu kemudian kami para artist mulai menggambar setiap detail dan karakter,” ujar Griselda lagi.

Sebagai orang Indonesia yang bekerja di Walt Disney Animation Studios sungguh menjadi prestasi yang membanggakan bagi Griselda. Meski dalan keseharian tidak ada pengecualian bagi siapapun yang bekerja di sana, terlepas dari negara mana ia berasal.

“Saya perempuan dari Indonesia diperlakukan sama dengan semua orang di sana. Itu yang saya senang dari Disney. Yang penting adalah karya yang dihasilkan. Tidak peduli kami datang dari negara yang mana, yang penting hasil karya.”-Rappler.com.

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!