Teknik mencari dan menguji produk baru dalam lima hari

Wahyu Setiawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Teknik mencari dan menguji produk baru dalam lima hari
Nishant Jain, CEO Design for Use, berbagi ilmu tentang ‘How To Find, Build, And Test A New Product In 5 Days’ di ajang ‘Tech In Asia Jakarta 2016’ Kamis, 17 November

JAKARTA, Indonesia – Berbicara di hari kedua sekaligus hari terakhir gelaran Tech in Asia Jakarta 2016, Nishant Jain, CEO Design for Use mengungkap ilmu bagaimana cara mencari dan menguji produk baru dalam lima hari. Hal pertama yang ia tekankan adalah desain.

What would I do is the design. Design is essentially the problem,” ucap Nishant Jain.

Kemudian, mulailah mengerjakan UX design, mulai dari proses hingga bagaimana struktur desain yang dikerjakan dapat berjalan.

Karena dalam membangun sebuah start up, siapapun pasti akan menemui banyak kendala yang akan dihadapi, sehingga membutuhkan sebuah strategi.

Selanjutnya, rencanakan dan executing design sprints, karena design sprints sangat ampuh membuat user lebih fokus, sangat mudah dikolaborasikan, sangat efisien dan eksperimental.

Berikut beberapa tahapan untuk membangun dan menguji sebuah produk dalam lima hari.

Persiapan

Pertama-tama carilah permasalahan dan lakukan riset. Kemudian rekrut sprints team yang terdiri dari empat hingga tujuh orang, sekaligus seorang fasilitator. Jangan lupa, juga cari para peserta yang bisa dites. Block semua peserta dari penggunaan handphone dan papan tulis.

Hari pertama

Carilah rumusan masalah, buatlah poin-poin dalam sebuah notes, apa saja yang membuat produk yang sedang dirancang bekerja dan tidak bekerja. Tantanglah dirimu untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Hari kedua

Dari hasil permasalahan yang sudah dipecahkan pada hari pertama. Gambarkan solusi-solusi dalam sebuah gambar sketch.

Hari ketiga

Gambarkan perjalanan user menggunakan sketch-sketch di papan tulis, mulai dari proses mengunduh hingga proses penggunaan aplikasi yang sedang dibuat (one by one user flow).

Hari keempat

Buatlah sebuah prototipe seperti aslinya agar lebih realistis. Sehingga dapat menguji apakah produk yang akan kita buat user friendly. Jangan lupa buat catatan dan labeling.

Hari kelima

Kemudian tes produk yang dibuat pada hari terakhir untuk memdapatkan umpan balik. Hal itu sangat penting untuk dilakukan agar tidak membuang-buang waktu. Lalu buatlah observasi dari hasil umpan balik yang didapatkan.

Di penghujung sesi, Nishant Jain menjelaskan bahwa terkadang tes yang dilakukan dapat berakhir dengan kegagalan. Sehingga, seseorang harus menemukan jalan keluar dengan memecahkan masalah menggunakan metode yang lain. – Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!