‘Moana’: Kisah putri tak biasa yang berjuang untuk menyelamatkan kaumnya

Yetta Tondang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

‘Moana’: Kisah putri tak biasa yang berjuang untuk menyelamatkan kaumnya
Berbeda dengan tipikal Disney princess lainnya, Moana digambarkan sebagai putri pemberani, unik dan penuh ambisi untuk mewujudkan mimpi

JAKARTA, Indonesia – Lupakan sosok putri berambut pirang yang hidup di istana megah, mengenakan gaun yang menyapu lantai, dengan mahkota di atas kepala, dikelilingi anggota keluarga kerajaan dan sosok pangeran tampan.

Kini, Disney tampaknya berusaha untuk mendobrak stigma sosok putri yang sudah lama tertanam di benak penggemar Disney Princess. Putri berambut pirang, bersepatu kaca, tinggal di istana mewah dengan gaun mengembang sambil menanti pangeran tampan datang.

Sebelumnya, Disney sudah terlebih dahulu memperkenalkan sosok Putri Merida di film Brave besutan Disney Pixar yang rilis di tahun 2012 silam. Di film ini diceritakan Merida sebagai sosok putri berambut merah yang jago memanah.

Menyusul Merida, kini Disney merilis sosok putri yang ‘tak biasa’ lainnya yang bernama Moana.

Moana digambarkan sebagai sosok remaja berusia 16 tahun yang memiliki keterikatan dengan lautan. Lahir dan besar sebagai calon penerus kepala suku di Pulau Motonui, takdir Moana sebenarnya sudah tertulis sebagai pemimpin.

Tapi dalam perjalanan, ia berusaha mencari jati diri kaumnya yang sesungguhnya. Dengan bantuan sang nenek, Moana berusaha menemukan ‘akarnya’.

Kaum penjelajah

Moana yang sejak lahir hanya terkungkung di Pulau Motonui, mulai menyadari bahwa ada sesuatu yang ‘bergerak’ dari dalam dirinya untuk selalu mendekati laut. Tapi sayang, ayahnya mearang keras Moana mendekati laut, apalagi berlayar melewati karang yang telah ditentukan.

Kata ayah Moana, banyak hal buruk yang terjadi dibalik karang tersebut. Tapi Moana terus bertanya-tanya.

Sampai akhirnya nenek Moana, Tala, mengungkap panggilan Moana yang sesungguhnya. Untuk mengembalikan kaumnya menjadi kaum penjelajah kembali. Sesuai nenek moyang mereka di zaman dahulu yang terkenal karena gemar berlayar dan menemukan berbagai pulau di Oceania.

Fakta tersebut seolah membenarkan gejolak hati yang selama ini dirasakan Moana setiap kali berhadapan dengan laut.

Sayang Tala harus meninggal dunia sebelum ia menuntaskan mimpinya. Sebelum meninggal dunia, ia berpesan agar Moana mengembalikan batu keramat yang menjadi jantung Te Fiti dan mencari sosok pahlawan Maui untuk membantunya mengembalikan batu tersebut ke Lalotai.

Konflik dalam perjalanan

Konflik bergulir saat akhirnya Moana memutuskan meninggalkan Pulau Motonui, meninggalkan keluarganya dengan menaiki kapal peninggalan nenek moyangnya. Ia mulai mencari Maui demi menuntaskan misinya.

Sayang, semua tak semudah yang dibayangkan. Maui dan Moana menemui banyak rintangan sebelum mencapai Lalotai. Belum lagi keputusan Maui meninggalkan Moana karena takut kehilangan clurit ajaibnya.

Moana sempat ingin melanjutkan perjalanan sendiri sebelum akhirnya Maui memutuskan untuk kembali bersama Moana. Ditambah roh Tala yang menjelma sebagai ikan pari, membimbing Moana dan Maui menuju Lalotai.

Moana dan Maui dalam perjalanan mereka mengembalikan 'jnatung' Te Fiti. Foto dari screen capture akun youtube Walt Disney Animation Studios.

Akankah Moana bisa menyelesaikan misinya dan mengembalikan kaumnya menjadi penjelajah penakluk dunia?

Detail yang terlihat nyata

Menyaksikan adegan demi adegan dan gambar demi gambar di film Moana ini sangat menarik hati. Dengan kecanggihan teknologi terbaru, Disney Studios sungguh menampilkan teknik animasi yang menyerupai kenyataan.

Terlihat sekali hasil kerja keras tim animasi di film ini. Setiap detail benda dan kejadian terlihat sangat nyata. Salah satu teknologi yang digunakan Disney Studios adalah saat pengerjaan bagian rambut Moana yang tergerai sangat indah dan natural.

Foto dari screen capture akun youtube Walt Disney Animation Studios.

Wajar saja hasil yang ditampilkan begitu nyata dan indah, mengingat ada sekitar 800 orang dari 25 negara yang terlibat di proses produksi film Moana ini.

Menurut Griselda Sastrawinata, perempuan asal Indonesia yang juag terlibat di proyek film Moana sebagai Visual Development Artist, terdapat sepuluh depertemen di Disney Animation Studios yang mengerjakan tahapan demi tahapan film Moana.

Putri pertama dari Polinesia

Ini juga kali pertama Disney menyuguhkan tokoh putri dari kawasan Polinesia. Bahkan mereka menunjuk gadis asli Hawaii bernama Auli’I Cravalho untuk mengisi suara karakter Moana.

Ada pula aktor Vin Diesel, yang aslinya memang berdarah Samoa dan besar di Hawaii, yang mengisi suara Maui, sang manusia setengah dewa yang membantu menuntaskan misi Moana.

Film yang disutradarai Ron Clements dan John Musker ini juga mendapuk bintang teater ternama, Lin-Manuel Miranda, yang bertanggungjawab menulis dan memproduksi semua lagu di film Moana. Miranda sebelumnya dikenal dengan karyanya yang fenomenal di panggung teater Broadway berjudul Hamilton.

Salah satu karya Miranda adalah lagu How Far I’ll Go. Di Indonesia, lagu ini dibawakan dalam versi Bahasa Indonesia yang berjudul Seb’rapa Jauh Ku Melangkah.

Moana tayang di seluruh penjuru Tanah Air minggu ini. Selamat menonton! –Rappler.com.

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!