Inilah 20 grup K-Pop yang bertahan lama

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Inilah 20 grup K-Pop yang bertahan lama
Dunia musik di Korea Selatan, terutama di genre pop, bergerak sangat dinamis. Dalam waktu cepat, sebuah grup bisa dengan cepat melejit kariernya atau malah tidak dikenal dan bubar jalan

JAKARTA, Indonesia – Tidak mudah untuk bertahan di industri K-Pop. Persaingan untuk menempati posisi teratas di chart musik sangatlah sengit dan selalu ada aliran grup baru yang mencoba untuk membuat sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

Persaingan yang ketat juga merupakan faktor yang berkontribusi terhadap kutukan di industri K-Pop yang dikenal sebagai “The Five-Years Curse”(kadang-kadang disebut sebagai The Seven-Years Curse).

Untuk berbagai alasan, terkadang banyak grup terkenal yang berakhir dengan bubar di tahun kelima mereka. Tetapi tak sedikit pula grup K-Pop yang tetap bertahan seiring dengan berjalannya waktu walaupun terdapat banyak tantangan dalam industri tersebut.

Berikut adalah 20 grup yang telah mengatasi ketakutan terhadap “The Five-Years Curse” tersebut seperti dihimpun oleh Soompi:

Lima tahun

B1A4

Foto dari akun Instagram B1A4 Official.

B1A4 melakukan debut mereka pada 2011 dengan merilis album mini berjudul Let’s Fly dan single debut dengan judul Ok. Mereka salah satu grup yang berhasil lepas dari “The Five-Years Curse”.


Apink

Foto dari akun Twitter Apink.

Meskipun salah satu personelnya, Hong Yookyung, hengkang pada 2013, bukan berarti grup ini bubar begitu saja. Berbeda dengan kebanyakan girlband Korea yang memiliki konsep seksi dan dewasa, girlband yang satu ini sangat terkenal dengan imej mereka yang selalu imut di atas panggung.

Blok B

Foto dari akun twitter Blok B Official.

Dengan melakukan tur internasional, sebuah single versi Jepang dan sub-unit yang sukses serta kegiatan solo, Block B telah melampaui “The Five-Years Curse” dengan berbagai prestasi. Salah satunya adalah album mereka yang berjudul Blooming Period yang dirilis pada 11 April 2016 dengan single utama berjudul Toy yang meraih status perfect all-kill dengan memuncaki chart online Melon, Mnet, Olleh Music, Genie, Naver Music, Soribada, Bugs dan Monkey3.

Enam tahun

INFINITE

Foto dari akun Twitter Infinite.

Boyband satu ini telah menyita perhatian dengan lagu-lagunya yang catchy serta perpaduan koreografi yang kompak dan sempurna selama enam tahun terakhir. Mereka dikenal karena tariannya yaitu “Scorpion Dance” di video klip Before The Dawn. Tahun lalu, INFINITE bercerita tentang grupnya yang berhasil melampui “The Five-Years Curse”  tersebut.

SISTAR

Foto dari akun Twitter Sistar.
Ratu pemimpin musim panas dengan konsep seksi ini terdiri dari empat anggota, yaitu Bora, Soyu, Hyorin, dan Dasom. Dengan merilis single berjudul Push Push, mereka memulai debutnya di KBS Music Bank. Pada 28 April 2011, SISTAR mengumumkan pembentukkan sub-unit mereka yaitu SISTAR19, yang menampilkan vokal utama dan rapper SISTAR sendiri yaitu Hyorin dan Bora.

ZE:A
Dikenal sebagai Children of Empire, boyband di bawah naungan Star Empire Entertainment ini beranggotakan 9 orang dari Korea Selatan. ZE:A merilis debut album mini mereka, Nativity dan single terdepan, Mazeltov pada 7 Januari 2010.

Sebagai grup multitalenta yang telah aktif dalam musik dan akting, tidak heran bahwa ZE:A telah mengatasi “The Five-Years Curse”. Sementara itu, dua personelnya, Taehun dan Minwoo, sekarang tengah mengikuti wajib militer.

Tujuh tahun

f (x)

Grup yang awalnya beranggotakan lima orang ini harus rela ditinggalkan salah satu personelnya yaitu Sulli pada tahun 2015. Tetapi, f(x) berhasil melewati “The Five-Years Curse” dan video klip mereka yang berjudul Electric Shock baru-baru ini menembus angka 100 juta views.

T-ara

Foto dari akun Twitter T-ara.
Setelah absen lebih dari satu tahun, T-ara kembali lagi tahun ini dengan Tiamo yang mencerminkan terhadap karier tujuh tahun mereka.


CNBLUE

Foto dari akun Twitter CNBlue.

CNBLUE juga dikenal sebagai Code Name Blue yang merupakan band indie rock asal Korea Selatan. Band ini terdiri dari Jung Yong Hwa (vokal utama, gitar ritme), Lee Jong Hyun (pemimpin gitar, vokal), Lee Jung Shin (gitar bass, vokal) dan Kang Min Hyuk (drum, vokal). Selain memiliki empat orang cowok berbakat yang telah menggeluti dunia musik selama tujuh tahun, mereka juga memulai berbagai kegiatan solo yang sukses.

Delapan tahun

SHINee

Foto dari akun Twitter SHINee.
Albumnya 1 of 1 versi repackaged, album berbahasa Jepang dan konser solo ke-5 mereka pada tahun 2016, membuktikan bahwa SHINee tetap bertahan selama delapan tahun dan melewati membuat semua rintangan termasuk “The Five-Years Curse” tidak berarti.

U-KISS

Foto dari akun Twitter U-Kiss.

Di tahun ke-8 mereka, U-KISS kembali di tahun 2016 dengan Stalker-nya selama musim panas ini. Apakah kalian ingat dengan postingan lucu salah satu personel pada ulang tahun debut mereka? Ini dia.


2AM and 2PM

Grup yang dibentuk oleh JYP Entertainment ini merupakan grup musik yang dibagi menjadi dua, yaitu 2AM dan 2PM. Meskipun anggota 2AM telah menandatangani kontrak dengan manajemen artis lainnya untuk kegiatan solo mereka, tapi mereka tidak bubar dan masih merayakan ulang tahun ke-8 mereka bersama-sama. Sementara itu, tahun ini 2PM merilis album mereka yang berjudul Gentleman’s Game.

Sembilan tahun

Wonder Girls
Setelah lama absen, Wonder Girls kembali dan memecahkan chart tahun ini dengan single mereka, Why So Lonely. Dan akhirnya penantian lama para fans pun terbayarkan.

Girls ‘Generation

Foto dari akun Twitter Girls Generation.
Percaya enggak sih, sudah hampir satu dekade sejak grup ikonik ini melebarkan sayapnya ke dunia K-Pop? Selama bertahun-tahun mereka disibukkan dengan berbagai kegiatan dan baru-baru ini mereka menjadi kelompok K-Pop pertama yang memiliki tiga video klip yang menembus 150 juta views di YouTube. Wow!

FTISLAND
Melewati angka 9 tahun, tahun ini FTISLAND merilis album kedua mereka, Where’s the Truth?. Mereka juga menjelaskan semangat mereka dalam bermusik dan apresiasi mereka dalam membuat jenis musik yang mereka inginkan sebagai grup musik yang telah lama berkecimpung di dunia hiburan.


Lebih dari 10 tahun

BIGBANG

Foto dari akun Twitter Global VIP.

BIGBANG merayakan hari jadinya yang ke-10 dengan konser 0.TO.10 dan beberapa proyek mereka. Dan hingga saat ini penggemar juga masih mengharapkan kembalinya grup musik yang beranggotakan lima orang ini dengan karya terbaru mereka.

Brown Eyed Girls
Selain BIGBANG, Super Junior, TVXQ, dan Shinhwa, Brown Eyed Girls adalah grup musik perempuan pertama yang merayakan hari jadi mereka yang ke-10 bersama-sama.

Meskipun secara teknis bukan grup K-Pop paling lama dalam sejarah, Brown Eyed Girls atau bisa disingkat B.E.G, adalah satu-satunya grup yang tidak pernah melakukan perubahan pada lineup mereka selama 10 tahun. B.E.G memulai debutnya pada 2 Maret 2006, dengan album studio pertama mereka, Your Story.

Super Junior

Foto dari SM Entertainment.

Siapa yang tidak mengenal Suju alias Super Junior? Grup legendaris ini sudah berkecimpung di dunia musik selama 11 tahun. Meskipun beberapa personelnya yang saat ini sedang mengikuti wajib militer, kecintaan dan kesetiaan para fans tidak akan pernah goyah sementara menunggu grup legendaris ini kembali.

Shinhwa
The longest-lasting K-Pop group! Shinhwa memiliki enam anggota dan muncul pertama kali pada 1998, tidak bubar dan tidak pernah ada perubahan personel. Sebagai salah satu generasi pertama idola K-Pop yang telah bertahan cukup lama, Shinwa telah membuka jalan bagi mereka yang mempunyai bakat dan kesempatan yang sama serta membuktikan bahwa grup tersebut dapat bertahan selama 18 tahun.

Selain beberapa nama yang di atas, masih banyak grup lainnya yang telah “selamat” dan melewati “The Five-Years Curse”.

Nah, manakah favorit kalian? Dan apakah grup-grup baru yang bermunculan dapat bertahan dengan kutukan tersebut? Let’s find out! –Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!