finance industry

‘Rogue One: A Star Wars Story’: Prequel yang memang pantas untuk diceritakan

Diego Batara Mahameru

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

‘Rogue One: A Star Wars Story’: Prequel yang memang pantas untuk diceritakan
Seolah tidak puas memukau penonton dengan 'Star Wars Episode 7: The Force Awakens', Disney kembali merilis film spin-off dari Star Wars yang berjudul 'Rogue One: A Star Wars Story' yang tayang hari ini

JAKARTA, Indonesia – Film ini bercerita tentang sekumpulan pemberontak yang berusaha mencuri sebuah data yang berisi kelemahan dari senjata pamungkas Galactic Empire yang dikenal sebagai Death Star.

Kelompok pemberontak tersebut dipimpin oleh Jyn Erso (Felicity Jones) yang merupakan putri dari Galen Erso (Mads Mikkelsen), perancang senjata tersebut.

Untuk mencapai tujuannya, Jyn Erso dibantu oleh anggota pemberontak lainnya yaitu, Cassian Andor (Diego Luna), Chirrut Imwe (Donnie Yen), Baze Malbus (Jiang Wen), Bodhi Rook (Riz Ahmed) dan K-2SO (Alan Tudyk). Kisah film ini ber-setting tepat sebelum Star Wars Episode 4.

Film besutan sutradara Gareth Edwards (Godzilla) ini menampilkan nuansa yang cukup berbeda dengan film Star Wars terdahulu. Sajian visual film ini terlihat lebih ditunjukan untuk penonton dewasa. Adegan-adegan pertempuran dalam film ini cukup terbilang kasar untuk ukuran film Disney.

Prequel harapan penggemar

Franchise Star Wars memiliki trilogy prequel yang dibenci oleh sebagian penggemarnya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menganggap bahwa kisah di prequel tersebut tidak pernah terjadi.

Untungnya, Rogue One berhasil menyajikan prequel yang memang sangat pantas untuk menjadi ajang nostalgia sekaligus tontonan yang mengenalkan kisah baru dalam Star Wars universe.

Banyak elemen-elemen dari trilogi original Star Wars yang dengan cerdik disisipkan dalam film ini. Mulai dari art direction dan set yang dibuat mirip dengan original trilogy sampai pesawat-pesawat ruang angkasa yang sama persis seperti  di film-film terdahulu.

Tak hanya itu, film ini berhasil mengembalikan wibawa Darth Vader yang sebelumnya terkena pembunuhan karakter dari pembuatnya sendiri pada prequel Star Wars terdahulu.

Terdapat pula beragam easter egg yang disisipkan melalui dialog-dialog yang berhasil membuat penggemar film ini tak sabar menunggu anthology Star Wars berikutnya.

Film ini juga mengenalkan karakter-karakter baru yang tidak kalah menarik. Salah satunya yang mencuri perhatian penonton adalah Chirrut Imwe. Adegan perkelahian dari karakter tersebut sangat memukau.

Siapa yang tidak kagum melihat Donnie Yen dengan dengan gerakan kung-fu beraksi menghajar pasukan Stormtrooper? Karakter droid K-2SO juga memberikan warna sendiri dengan memberikan humor khas Star Wars yang selalu membandingkan probabilitas matematis dengan konflik yang dihadapkan dengan para karakter dalam menjalankan misi.

Semua kembali pada kisah perjalanan karakter

Berhasil atau tidaknya sebuah film selalu kembali kepada cerita dan karakter dalam cerita tersebut. Film ini berhasil menjawab semua itu.

Bukan hanya menjual gimmick dari franchise yang berumur nyaris 40 tahun, namun film ini memang menyajikan kisah perjalanan heroik dengan karakter-karakter yang menarik.

Film ini membuktikan bahwa kisah perjuangan para pemberontak Rogue One adalah kisah prequel yang memang patut diceritakan kepada audiens.

Saksikan langsung film Rogue One: A Star Wars Story di bioskop mulai hari ini, Rabu, 14 Desember.-Rappler.com.

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!