Mengungkap data perjalanan Uber di Indonesia selama tahun 2016

Yetta Tondang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengungkap data perjalanan Uber di Indonesia selama tahun 2016
Di Jakarta, perjalanan Uber selama tahun 2016 tercatat sejauh 603,000,005 kilometer, setara dengan jarak tempuh berkeliling dunia sebanyak 15 ribu kali!

JAKARTA, Indonesia – Sejak kehadirannya di Indonesia tahun 2014 yang lalu, layanan transportasi on demand, Uber, terus mengembangkan diri dengan beragam inovasi.

Sukses merintis layanan di Jakarta, kini Uber sudah merambah hingga ke empat kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, Bali dan terakhir Yogyakarta. Beragam perluasan layanan pun terus dihadirkan seperti UberPool, UberMotor hingga UberTrip yang dihadirkan khusus di Bali.

Yang terbaru adalah kerjasama Uber dengan LINE di mana pengguna LINE di Indonesia bisa memesan perjalanan Uber tanpa harus pindah dari aplikasi LINE bahkan tanpa harus mengunduh aplikasi Uber.

Pencapaian-pencapaian Uber di Indonesia selama tahun 2016 pun lantas dirangkum di Year with Uber 2016. Berikut data menarik yang terungkap dalam Year with Uber 2016:

Jarak perjalanan sepanjang 603 juta kilometer

Jakarta memang menjadi pasar terbesar Uber di Indonesia. Karena itu, jarak perjalanan di Jakarta pun menjadi yang terbesar. Tercatat, total jarak perjalanan di Jakarta mencapai 603,000,005.

Foto dari Year with Uber 2016.

Jarak tersebut setara dengan jarak tempuh berkeliling dunia sebanyak 15,000 kali, lho!

Destinasi terpopuler

Untuk warga Jakarta, ternyata Bandara Soekarno-Hatta menjadi destinasi utama saat menggunakan Uber. Dan tercatat, sebanyak 24 persen perjalanan dilakukan di pinggiran kota Jakarta.

Foto dari Year with Uber 2016.

Sebanyak 30 persen perjalanan Uber di Jakarta dilakukan pukul 20.00 hingga 02.00. Selain itu, terungkap pula data bahwa Jumat pukul 17.00 sampai 18.00 menjadi periode waktu di mana Uber paling banyak digunakan di Jakarta.

Waktu ini tidak berbeda jauh dari data Uber secara global, dimana waktu terbanyak penggunaan Uber ada di hari Sabtu pukul 22.00-23.00.

Rekor perjalanan

Tahun ini lewat Year with Uber, Uber pun ingin mengungkap data perjalan para pengguna dan mitra pengemudi mereka. Rekor perjalanan terbanyak yang pernah dilakukan seorang pengguna Uber di Jakarta adalah sebanyak 1.777 perjalanan.

Sementara untuk mitra pengemudinya, ada satu orang yang berhasil mencatat sebanyak 3.170 perjalanan di Jakarta selama tahun 2016.

Alan Jiang, Managing Director Uber Indonesia. Foto oleh Yetta Tondang/Rappler.com.

Berkaca dari data-data kesuksesan selama tahun 2016, tahun depan, Uber Indonesia akan memfokuskan diri untuk menyuguhkan experience terbaik mereka, kepada pengguna maupun mitra pengemudinya.

“Kami akan fokus pada tiga hal yakni keamanan saar berkendara, kecepatan yang berarti waktu tunggu yang lebih singkat serta kehandalan,” ujar Alan Jiang, Managing Director Uber Indonesia saat bertemu dengan media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 15 Desember.

Alan juga mengungkap fakta bahwa perkembangan Uber di Indonesia, khususnya di Jakarta, cukup pesat dibanding negara lain. Hanya dalam dua tahun, Uber di Jakarta bisa menyaingi kota-kota lain yang mungkin butuh lima sampai enam tahun untuk mencapai prestasi serupa.

“Jakarta sudah pasti menjadi salah satu pasar utama dan terpenting bagi Uber secara global,” kata Alan lagi.

Para pengguna Uber juga bisa melihat rekam perjalanan mereka sepanjang tahun 2016 dengan mengakses www.yearwithuber.com. Di sini bisa dilihat, berapa perjalanan yang sudah Anda lalui sepanjang tahun, berapa total kilometer yang ditempuh, perjalanan terjauh dan terpendek dan banyak fakta menarik lainnya.-Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!