Yosi Mokalu bicara soal kondisi kesehatan Oon “Project Pop”

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Yosi Mokalu bicara soal kondisi kesehatan Oon “Project Pop”
Menurut Yosi, Oon mengidap penyakit komplikasi diabetes

JAKARTA, Indonesia – Saat ini, diketahui kondisi Muhammad Fachroni alias Oon, salah satu personel Project Pop tengah dirawat di Bandung karena penyakit komplikasi diabetes yang diidapnya.

Rekan Oon di Project Pop, Yosi Mokalu, sempat bercerita tentang kondisi terakhir Oon. “Dua hari lalu terakhir kami ketemu Oon. Dia masih menjalani perawatan secara intensif. Tidak di rumah sakit. Walaupun dia harus bolak balik rumah sakit, ada perawatan dan pengecekan dan ada cuci darah juga. Tapi kemarin kami kunjungi dia segar,” ujar Yosi saat ditemui Kamis, 5 Januari.

Kata Yosi, yang terpenting saat ini adalah untuk mendukung Oon menjalani perawatan seklaigus menyemangatinya. “Karena kami sekarang kalau manggung berlima aja. Jadi kami merasakan, dia pasti kangen pengin ikut manggung juga. Kami datang mengunjungi kasih semangat.”

Lebih lanjut, Yosi bertutur soal kondisi Oon. Sebenarnya, Oon tidak kritis seperti yang banyak diberitakan. Tapi karena komplikasi yang sudah menyebar, ia memerlukan perawatan yang intensif dan khusus.

“Berterima kasihlah kepada istrinya yang luar biasa. Sudah menjadi suster super mahal. Istrinya udah canggih banget bisa melakukan semuanya,” ungkap Yosi lagi.

Komplikasi yang dimaksud Yosi karena penyakit jantung dan ginjal. Karena itulah, berat badan Oon pun menurun drastis. “Karena beberapa organ tubuhnya tidak berfungsi secara 100 persen. Jadi misalnya ada air yang menumpuk di tubuhnya, tapi kurus. Dan dia karena kakinya juga sakit jadi belum bisa berdiri. Seperti itu kondisinya, masih rebahan terus.”

Diabetes yang dideritanya Oon memang penyakit bawaan. Tanda-tanda itu terlihat saat beberapa kali manggung, Oon kerap mengeluh kelelahan. Bahkan sudah dua tahun belakangan ini, setiap manggung, Oon minta disediakan oksigen.

“Dia sempat terapi akupuntur. Akhirnya rumah sakit juga. Karena ada beberapa terapi yang bertolak belakang dengan penyembuhan secara medis,” tambah Yosi.

Kini Yosi bersama personel Project Pop lainnya rutin mengunjungi Oon. “Kami hanya datang mendoakan, bercanda bercanda. Bener-bener hanya ingin membuat suasana lebih enak aja. Memberi semangat.”-Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!