SAKSIKAN: Pidato inspirasional Meryl Streep di ‘Golden Globe Awards 2017’

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Pidato inspirasional Meryl Streep di ‘Golden Globe Awards 2017’
Meryl Streep dianugerahi penghargaan Cecile B. DeMille Award atas kiprahnya di dunia akting

JAKARTA, Indonesia – Aktris pemenang tiga piala Oscar, Meryl Streep, mengkritik keras Presiden Terpilih AS, Donald Trump yang kerap melontarkan komentar yang memecah belah. Kritik ini disampaikan Streep saat menyampaikan pidato usai menerima lifetime achievement award di ajang Golden Globes.

Aktris berusia 67 tahun tersebut berusaha bertahan mengontrol emosinya saat ia menerima standing ovation usai pidatonya.

“Saya dan kalian di ruangan ini, sungguh, masuk di golongan paling banyak difitnah di masyarakat Amerika saat ini. Pikirkanlah itu. Hollywood, orang asing dan pers,” ucap Streep sambil tertawa.

“Tapi siapa, sih, kita? Dan lagipula, apa, sih, Hollywood itu sebenarnya? Itu hanya sekelompok orang dari tempat berbeda.”

Pidato Streep ini disampaikannya hanya berselang dua pekan jelang inagurasi Donald Trump, yang sebelumnya dikenal dengan kampanye pemilihan presiden yang penuh konflik.

“Hollywood dipenuhi dengan pendatang dan orang asing. Kalau kau mengusir mereka semua, kau tidak punya apapun selain football dan mixed martial arts, yang bahkan bukan art sama sekali,” kata Streep lagi sambil menahan tangis.

Streep, yang tergolong sebagai sakah satu aktris terbaik di generasinya, dianugerahi penghargaan Cecile B. DeMille Award untuk menandai kariernya setelah memenangkan 29 piala Golden Globes dan meraih 29 nominasi.

Streep juga kembali “menyerang” Trump, terutama di bagian saat kampanye di mana ia menghina seorang reporter cacat bernama Serge Kovaleski. Namun saat itu Trump membantah telah menjelek-jelekkan pria itu.

“Momen di mana seseorang akan duduk di kursi penting di negara kita tapi lantas ia menirukan seorang reporter cacat yang memang bukan tandingan dia dalam urusan fasilitas, kuasa dan kemampuan untuk melawan. Hatiku hancur ketika menyaksikan itu,” tambah Streep.

“Aku tidak bisa mengeluarkan hal itu dari kepalaku karena itu benar-benar terjadi, bukan film. Dan insting untuk mempermalukan orang lain, ketika dilakukan oleh seorang di platform publik, oleh seseorang yang berkuasa, itu bisa masuk ke kehidupan banyak orang, karena seperti memberi izin bagi orang lain untuk melakukan hal serupa.”

Mengenang Carrie Fisher

Streep juga berterimakasih karena bisa mendapatkan kesempatan untuk mengenang salah satu temannya, pemeran Princess Leia di Star Wars, Carrie Fisher, yang meninggal dunia setelah Natal tahun lalu dan disusul  ibunya, Debbie Reynolds, sehari setelahnya.

“Seperti yang pernah dikatakan oleh temanku, Princess Leia, ‘take your broken heart, make it into art‘.”

Streep dinominasikan untuk kategori Best Actress in A Musical or Comedy di Golden Globe Awards tahun ini karena aktingnya di film Florence Foster Jenkins, namun akhirnya kalah dari Emma Stone.

DeMille Award diberikan setiap tahun kepada mereka yang telah memberikan kontribusi luar biasa di dunia hiburan.

Pemenang anugerah yang sama termasuk Denzel Washington, George Clooney, Jodie Foster, Morgan Freeman, Robert De Niro, Martin Scorsese dan Steven Spielberg.

dengan laporan dari AFP/Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!