5 hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan bekerja dari rumah

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah sedang menjadi tren popular di era teknologi saat ini

JAKARTA, Indonesia – Di era kecanggihan teknologi seperti saat ini, bekerja tidak lagi harus dari kantor. Bekerja bisa dari mana saja, termasuk dari rumah. Semua berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Segala sesuatu bisa dimudahkan dengan bekerja dari rumah. Namun pro kontra tentang bekerja dari rumah masih terus mengemuka. Ada yang menganggap bisa menurunkan produktivitas bekerja tapi ada pula yang berpendapat lebih baik karena tidak terkekang rutinitas.

Untuk mereka yang sudah berkeluarga, bekerja dari rumah mungkin dianggap sangat berguna sekali, apalagi bagi mereka yang sudah memiliki anak. Orang tua akan lebih banyak waktu memperhatikan anaknya.

Memang, banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk bekerja dari rumah. Pertimbangannya bisa soal waktu, biaya dan disiplin. 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk bekerja dari rumah.

Menata area kerja 

Hal yang paling penting untuk kenyamanan bekerja adalah menentukan dan menata area yang bagus dan cocok yang bisa diperuntukkan untuk ruang kerja. Bila memiliki anak kecil sebaiknya jangan meninggalkan laptop di meja. Pastikan penempatan perlengkapan pekerjaan terpisah dari perlengkapan rumah lainnya agar memudahkan saat bekerja.

Jika memiliki ruangan ekstra, tak ada salahnya menyulap ruangan itu menjadi ruangan kerja pribadi. Tata senyaman mungkin dengan segala fasilitas yang bisa menunjang proses kerja.

Jangan pelit berinvestasi

Kalau di kantor, Anda akan dengan mudah menggunakan seluruh fasilitas kantor secara gratis. Akses internet, kertas, alat-alat tulis, mesin printer, semuanya. Saat bekerja di rumah, hal tersebut harus Anda sediakan sendiri.

Jangan pelit untuk mengeluarkan uang untuk perangkat komputer/laptop, software terbaru, akses internet, alat tulis dan lainnya. Itu adalah modal utama untuk bekerja dari rumah.

Disiplin

Disiplin adalah salah satu faktor yang sangat menentukan jika Anda memutuskan untuk bekerja dari rumah. Tak ada atasan yang akan selalu mengingatkan Anda untuk menepati deadline, tapi diri Anda sendiri yang harus mengaturnya.

Pastikan Anda selalu tersedia dan bisa menangani semua permintaan klien dengan baik. Setiap Anda mulai bekerja, anggap saja sedang bekerja di kantor, maka seluruh fokus Anda pasti akan tertuju pada pekerjaan.

Bekerja sesuai keinginan

Hal terbaik yang bisa didapat dari bekerja dari rumah adalah seseorang bisa melakukan apa saja yang ia mau. Tapi semua itu harus didukung kedisiplinan dan investasi yang cocok agar bisa mengatur jadwal sesuai keinginan.

Pastikan Anda bekerja di waktu yang senyaman mungkin. Jika Anda kebetulan dibayar per hari, ini akan lebih baik lagi, karena Anda bisa menentukan sendiri waktu kerja dengan lebih fleksibel.

Rutinitas yang seimbang

Bekerja dari rumah dengan waktu yang tidak pasti bukan berarti menjadikan Anda sosok yang selalu di rumah dan lupa bersosialisasi. Bagaimanapun juga, hidup harus seimbang, kan?

Segarkan pikiran dengan pergi keluar bersama teman atau keluarga. banyak inspirasi di luar juga yang bisa menumbuhkan ide-ide baru saat bekerja nantinya. -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!