SAKSIKAN: 10 momen penting di ‘Academy Awards 2017’

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: 10 momen penting di ‘Academy Awards 2017’

AFP

Penampilan pembuka dari Justin Timberlake, para turis yang tiba-tiba muncul, serta tentunya pengumuman Best Picture di penghujung acara

JAKARTA, Indonesia — Para selebriti dan insan perfilman telah menyaksikan perhelatan megah Academy Awards 2017 yang bertempat di Dolby Theater Hollywood, Amerika Serikat, pada Minggu, 26 Februari (Senin, 27 Februari WIB).

Tentu ajang pemberian penghargaan piala Oscar tidak terlepas dari penampilan gemilang dari pengisi acara, gimmick yang membuat gelak tawa, hingga momen awkward yang bersejarah.

Berikut adalah daftar 10 momen penting dalam perhelatan Academy Awards ke-89.

Penampilan pembuka dari Justin Timberlake


 

Justin mengajak seluruh hadirin ikut menari mengikuti lagunya yang juga menjadi nominasi untuk kategori Best Original Song, Can’t Stop the Feeling.

Jimmy Kimmel sindir Trump


 

Pembawa acara ternama Jimmy Kimmel yang didaulat sebagai pemandu Academy Awards tahun ini tidak lupa untuk menyindir Presiden Donald Trump dan kondisi politik AS.

“Saya tidak akan bisa mempersatukan negara ini. Tapi jika setiap orang dari jutaan pemirsa yang menyaksikan saat ini mau berbincang dengan satu orang dengan pendapat yang berbeda dan bersedia berpikiran terbuka sebagai orang Amerika, kita pasti bisa membuat Amerika hebat kembali,” tutur Jimmy dalam monolog pembukanya.

Meryl Streep jadi pusat perhatian


 

Jimmy juga mengungkit kembali twit dari Presiden Trump yang mengatakan aktris legendaris Meryl Streep overrated.

“Tepuk tangan untuk Meryl Streep yang sangat overrated!” tutur Jimmy yang memang terkenal dengan komedi sarkastik.

Sambil melihat ke arah Meryl, Jimmy pun menambahkan, “Gaun yang indah, apakah itu bermerek Ivanka?”

Ivanka adalah label fashion milik putri Trump, Ivanka Trump, yang menghadapi banyak boikot dari masyarakat di AS.

Kehadiran Katherine Johnson yang asli


 

Tiga aktris yang bermain dalam film Hidden Figures, Janelle Monae, Octavia Spencer, dan Taraji P. Henson, mendapatkan kehormatan untuk memanggil Katherine Johnson sesaat sebelum mengumumkan pemenang untuk kategori Best Documentary Feature.

Katherine adalah seorang peneliti NASA yang membantu misi pengorbitan John Glenn. Saat ini nama Katherine tertulis sebagai nama salah satu gedung fasilitas di NASA.

Para hadirin banyak yang meneteskan air mata saat melihat sosok Katherine yang duduk di kursi roda keluar dari balik panggung.

Penampilan sang Moana, Auli’i Cravalho


 

Untuk pertama kalinya, Auli’i Cravalho tampil di atas pentas Oscar untuk menyanyikan lagu original dari film Moana, How Far I’ll Go. Lagu tersebut juga masuk sebagai nominasi Oscar dalam kategori Best Original Song.

Pidato emosional dari Viola Davis


 

Memenangkan piala Oscar pertamanya setelah tiga kali masuk sebagai nominasi, Viola Davis memberikan pidato kemenangan yang sangat emosional. Viola mengungkapkan bahwa ia sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari komunitas perfilman sebagai aktris.

“Saya menjadi seniman dan terima kasih Tuhan karena kami adalah satu-satunya profesi yang merayakan kehidupan.”

Kemenangan imigran


 

Sutradara asal Iran, Asghar Farhadi, memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film. Namun ia memutuskan untuk tidak hadir sebagai bentuk protes kebijakan pemerintahan Presiden Trump yang sempat melarang warga dari 7 negara, termasuk Iran, untuk masuk ke wilayah Amerika Serikat.

Farhadi pun menitipkan pesan lewat rekannya, Anousheh Ansari. Ia menyampaikan bahwa perang semacam ini adalah pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia.

“Membagi dunia ke dalam kategori ‘kami’ dan ‘musuh kami’ membuat ketakutan, sesuatu yang sering dijadikan alasan untuk agresi dan perang. Peperangan ini menghambat demokrasi dan penegakkan Hak Asas Manusia di negara-negara yang telah menjadi korban agresi selama ini.”

Turis yang kaget


 

Di tengah-tengah perhelatan Academy Awards, secara mengejutkan Jimmy Kimmel membuka gerbang untuk sekelompok turis untuk masuk ke Dolby Theatre dan bertemu para selebriti dunia.

Sepasang pengantin baru pun mendapatkan “pemberkatan nikah” dari Denzel Washington dan berfoto bersama Mahershala Ali.

Para selebriti membaca Mean Tweet


 

Segmen Mean Tweet adalah salah satu bagian dari tv show Jimmy Kimmel dan karena Jimmy adalah pemandu acara Academy Awards kali ini, maka ia memperkenalkan segmen Mean Tweet edisi spesial Oscar. Ryan Gosling, Natalie Portman, Eddie Redmayne, hingga Robert Deniro pun membaca twit jahat yang diajukan kepada mereka.

Malam yang indah untuk La La Land

Emma Stone meraih Piala Oscar pertamanya lewat perannya sebagai Mia dalam film 'La La Land'. Foto oleh Mark Ralston / AFP

Dengan 14 nominasi yang diraih, La La Land berhasil membawa pulang enam piala Oscar tahun ini. Sutradara Damien Chazelle menjadi sutradara terbaik sekaligus mencatatkan sejarah sebagai sutradara termuda yang pernah meraih penghargaan ini.

Aktris Emma Stone juga mendapatkan piala Oscar pertamanya lewat perannya sebagai Mia. Kategori Best Original Song dan Best Score juga diraih oleh La La Land.

…dan Moonlight

US Actor Mahershala Ali delivers a speech on stage after he won the award for Best Supporting Actor in "Moonlight" at the 89th Oscars on February 26, 2017 in Hollywood, California. / AFP PHOTO / Mark RALSTON

Dalam pengumuman yang awkward, Moonlight berhasil meraih piala Oscar sebagai Best Picture tahun ini — setelah sebelumnya nama La La Land sempat disebut sebagai pemenang.

Moonlight juga memenangkan Academy Awards untuk Mahershala Ali dalam kategori Best Supporting Actor dan Best Adapted Screenplay.

BACA JUGA:

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!