Google hadirkan fitur baru untuk pecinta musik

Davin Rusady

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Google hadirkan fitur baru untuk pecinta musik
Mencari lirik lagu di Google kini lebih mudah berkat fitur terbaru mereka

 

JAKARTA, Indonesia — Mendengarkan lagu terbukti memiliki banyak manfaat, antara lain menurunkan tingkat stres, melatih otot pendengaran, meminimalisir rasa sakit hingga mempertajam daya ingat. 

Namun ketika menyanyikan suatu lagu, terutama lagu berbahasa asing, seringkali kita menyanyikannya dengan lirik yang keliru (misheard lyrics). Misalkan bagian refrain lagu “Rolling In The Deep” yang dibawakan Adele. Lirik mana yang benar: “You held my heart inside of your hand” atau “You had my heart inside of your hand”?

Jika lirik pertama yang kamu nyanyikan, berarti kamu harus lebih khusyuk mendengarkan lagu tersebut. Atau kamu bisa langsung mencarinya di Google. Sebab Google kini menghadirkan fitur baru untuk para pecinta musik.

Fitur tersebut adalah knowledge panel.  Fitur yang diluncurkan pada 7 Maret lalu ini menampilkan berbagai informasi yang paling banyak dicari oleh pengguna internet terkait musisi, album dan lagu. 

Google juga memperkenalkan fitur baru lain yang dikembangkan bagi para musisi untuk menerbitkan informasi terbaru mengenai profil atau karya mereka pada hasil penelusuran Google.

“Fitur ini kami kembangkan untuk Indonesia agar Anda bisa menemukan informasi yang lengkap dengan lebih cepat melalui ponsel,” kata Consumer Marketing Manager Google Indonesia Mira Sumanti.  

Mira mengatakan dengan fitur knowledge panel, pengguna internet kini dapat menemukan informasi lebih detail seputar musisi dan lagu yang ingin dicari tanpa perlu menelusuri banyak tautan. 

Rappler telah mengetes fitur ini dengan memasukan kata kunci “lirik Rolling In The Deep” dalam kotak pencarian Google. Hasilnya, terdapat panel lirik lengkap lagu tersebut di bagian teratas hasil pencarian.

Fitur lain yang dikembangkan adalah fitur yang memungkinkan musisi, organisasi atau figur publik lain menulis informasi terbaru pada hasil penelusuran Google. Informasi tersebut dapat berupa foto, teks dan video. Fitur ini dapat digunakan melalui situs posts.withgoogle.com.

Dalam acara peluncuran bertajuk #SelaluTauMusik pada 7 Maret lalu, sejumlah musisi hadir untuk memperkenalkan sekaligus mendukung fitur ini, antara lain Gamaliel Audrey Cantika, Anji dan Iwan Fals.  

Iwan Fals mengatakan fitur terbaru Google ini membuatnya bisa langsung memberikan jadwal konser terbarunya secara langsung melalui post di Google. ”Sekarang bisa langsung memberikan informasi yang mereka inginkan di halaman pertama Google, jadi lebih cepat dan praktis buat kita semua,” kata Iwan Fals.

“Saya juga sering googling nama sendiri karena seringkali ada situs yang kasih data yang salah. Malah, kadang saya cari syair lagu saya sendiri karena sering lupa lirik,” kata Iwan melanjutkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh trio Gamaliel Audrey Cantika yang mengawali karier bermusik mereka dengan meng-cover lagu-lagu milik musisi lain. “Kami kan suka menyanyikan lagu musisi lain. Penting bagi kami untuk mengetahui lirik mereka yang benar,” jelas Gamaliel. 

Sampai saat peluncuran, kedua fitur ini masih disempurnakan karena ada pula informasi tentang profil musisi atau lagu-lagu lain yang belum dimuat dalam panel khusus ini.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!