VIRAL: Apa yang bisa menyatukan warga Jakarta?

Rappler Social Media Team

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

VIRAL: Apa yang bisa menyatukan warga Jakarta?
Apakah memang lebih banyak yang menyatukan warga Jakarta daripada membedakannya?

JAKARTA, Indonesia — Di tengah memanasnya isu-isu SARA menjelang putaran kedua Pilkada DKI, sebuah video berjudul “Jakarta Punya Semua” menjadi viral.

Video tersebut menunjukkan warga Jakarta dari berbagai suku dan agama dan meminta mereka untuk berjalan masuk ke dalam sebuah lingkaran kalau mereka memenuhi kriteria tertentu. 

Kriteria tersebut mulai dari “pernah menangis karena film India,” “suka dangdut”, “pernah diejek karena fisiknya” hingga “pernah mengalami diskriminasi karena agama.”

Terkadang hanya sedikit orang yang maju ke dalam lingkaran. Tapi ternyata ada beberapa hal yang menyatukan semua orang yang ada di situ. Seperti “ingin Jakarta tidak macet,” “ingin lebih banyak taman di Jakarta,” dan “percaya bahwa semua anak di Jakarta punya hak untuk pendidikan.”

Video itu sepertinya terinspirasi oleh video serupa yang dibuat oleh sebuah stasiun televisi Denmark, TV2, pada bulan Februari yang lalu. 




Video TV2 itu juga menunjukkan warga Denmark dari berbagai ras dan agama yang disatukan oleh kecintaan mereka kepada Denmark.

Apakah memang lebih banyak yang menyatukan warga Jakarta daripada membedakannya? Tulis pendapatmu di bawah ini! —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!