Kutipan buku favorit pilihan pembaca Rappler

Rappler Social Media Team

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kutipan buku favorit pilihan pembaca Rappler
Simak kutipan-kutipan yang diambil dari buku-buku favorit pembaca Rappler!

JAKARTA, Indonesia — Pada 23 April yang jatuh pada hari Minggu, masyarakat dunia merayakan Hari Buku Sedunia, atau yang juga dikenal sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia.

Perayaan tahunan ini digagas oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada tahun 1955 untuk meningkatkan kesadaran membaca, penerbitan, dan juga hak cipta.

Sejarah perayaan Hari Buku Sedunia berawal dari perayaan Hari Santa Jordi (La Diada de Sant Jordi) yang jatuh setiap 23 April. Para pedagang buku di Catalunya mulai mengadakan festival buku pada tahun 1923. Gagasan mengadakan festival buku berawal dari penulis asal Valencia, Vicente Clavel Andrés, yang ingin menghormati Miguel de Cervantes yang meninggal tanggal 23 April. Pernah mendengar Don Quixote? Nah, itu adalah karya Cervantes. 

Tak hanya festival buku di Catalunya dan kematian Cervantes, menurut UNESCO pemilihan tanggal 23 April adalah karena pujangga besar Inggris, William Shakespeare serta penulis Spanyol Inca Garcilaso de La Vega juga wafat di tanggal yang sama. Namun, 23 April juga merupakan tanggal kelahiran beberapa penulis, di antaranya Vladimir Nabokov dan Josep Pla.


Di Hari Buku Sedunia ini, Rappler mengajak pembacanya untuk berbagi kutipan dari buku favorit mereka. Adakah kutipan favoritmu di bawah ini?










—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!