Tips memilih jurusan kuliah

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tips memilih jurusan kuliah
Karena jurusan kuliah amat penting, maka harus ada beberapa yang dipertimbangkan saat memilih

 

JAKARTA, Indonesia — Ujian Nasional baru saja berakhir. Kini saatnya menentukan salah satu langkah terbesar dalam hidup—memilih jurusan kuliah.

Karena jurusan kuliah amat penting, maka harus ada beberapa yang dipertimbangkan saat memilih. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

Minat saat ini

Karena masa-masa kuliah tidak akan mudah, maka alangkah baiknya jika kamu sudah memiliki minat sebelum mulai belajar. Minat bisa disesuaikan dengan ekstrakulikuler yang kamu ikuti di sekolah atau kegiatan yang dilakukan sepulang sekolah. Minat juga bisa diketahui dari pelajaran apa yang kamu paling kuasai selama sekolah.

Pekerjaan yang diinginkan

Mungkin ini adalah faktor terpenting: pekerjaan apa yang kamu inginkan setelah lulus nanti?

Apakah kamu punya cita-cita yang ingin dicapai? Tentunya jurusan kuliah bisa jadi akan menentukan karier apa yang akan kamu bangun selanjutnya. Jadi, jenis pekerjaan yang kamu inginkan harus menjadi pertimbangan.

Tujuan berkuliah

Sebelum memutuskan, kamu perlu mengetahui apa tujuanmu berkuliah. Apakah kamu ingin belajar lebih jauh tentang suatu bidang ilmu? Atau kamu ingin memiliki skill dalam bidang tertentu? Atau kamu ingin cepat lulus?

Tujuan ini menjadi penting saat memilih jurusan. Misalnya, jika tujuanmu ingin cepat lulus tentu akan sulit jika memilih jurusan kedokteran karena perjalanan untuk menjadi dokter membutuhkan lebih dari 5 tahun. Atau, jika kamu ingin memiliki skill yang spesifik, lebih baik mencari jurusan teknik atau sejenisnya, dari pada jurusan ilmu sosial yang cenderung lebih kuat dari segi teoristik.

Lokasi dan biaya

Selain tiga faktor di atas, yang juga penting adalah mempertimbangkan lokasi dan biaya yang dibutuhkan. Jika kamu ingin kuliah di luar kota dan jauh dari keluarga, kamu juga harus mempertimbangkan biaya diluar bayaran kuliah, seperti makan sehari-hari dan biaya tempat tinggal.

Kamu juga harus memastikan ada dana yang cukup untuk membiayai kuliahmu hingga lulus nanti, atau setidaknya kamu sudah memiliki rencana bagaimana kamu akan mencari uang untuk semester-semester berikutnya.

Berkuliah dan tinggal jauh dari orang tua bisa jadi berat, tapi juga dapat menjadi bekal yang berharga untuk masa depanmu nanti.

Jangan khawatir

Memilih jurusan kuliah yang tepat memang penting, tapi bukan segala-galanya. Ada banyak orang yang sadar mereka “salah jurusan” saat tahun pertama dan kemudian memutuskan untuk keluar dan memilih jurusan lain. Ada pula yang baru menyadari setelah mereka lulus, dan itu tidak apa-apa. Selama masih hidup, kamu akan selalu punya kesempatan untuk memulai sesuatu yang baru.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!