Bagaimana cara menabung yang efektif dengan rumus 80-20?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Bagaimana cara menabung yang efektif dengan rumus 80-20?
Jika kalian terbiasa menabung dengan rumus ini, maka ke depan akan lebih terbiasa dalam mengelola anggaran keuangan.

JAKARTA, Indonesia – Kita semua ingin menabung. Namun bagaimana sebenarnya cara menabung yang baik? Bagaimana kita menganggarkan pendapatan kita? Apakah gaji atau pendapatan lainnya bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan kalian?

Kami memperkenalkan rumus sederhana menabung 80-20, sebuah prinsip yang dikenalkan oleh pemikir manajemen bisnis Joseph M. Juran. Dia menamakan prinsip itu sesuai dengan nama ekonom Italia, Vilfredo Pareto yang mengamati bahwa 80 persen pendapatan di Italia dimiliki oleh 20 persen dari jumlah populasi. 

Sementara, dalam hal menabung, Juran menjelaskan bahwa 80 persen efek disebabkan oleh 20 persen penyebabnya. 

Peraturannya sederhana: tabung 20% pendapatan bersih kalian, gunakan sisanya untuk digunakan atau dibelanjakan. Dari 80% uang yang digunakan, 50% nya untuk memenuhi kebutuhan dan 30% nya untuk membeli apa yang kita inginkan. 

Bila kalian menghabiskan lebih dari 80% pendapatan, bersiaplah untuk berada di lingkaran hutang. 

Tertarik menggunakan rumus 80-20 tetapi merasa kesulitan? Coba empat tips di bawah ini agar mampu membuat anggaran dari pendapatan kalian: 

1. Sesuaikan gaya hidup 

Harus jelas ke mana arah tujuan hidup kita, apa saja cita-cita dan impian kita. Bila sudah ditentukan, maka kita akan bisa membedakan apa yang benar-benar dibutuhkan. 

Kita bisa membedakannya dengan hal-hal lain yang ternyata hanya sekedar diinginkan. Hal lain yang harus diingat adalah masa depan kita ditentukan dari bagaimana kita menabung dan membelanjakan uang.

2. Catat semua bukti kegagalan

Kita semua punya beragam kepribadian yang membuat kita mempunyai cita-cita dan tujuan hidup berbeda. Pekerjaan dan pendapatan kita juga berbeda. 

Begitu pula dengan gaya hidup. Bagi sebagian orang, formula menabung 80-20 dapat menjadi tantangan tersendiri. 

3. Terus mencoba dan berlatih

Walaupun faktanya rumus 80-20 tidak cocok untuk sebagian orang, tidak ada salahnya mencoba. Seperti hal lain yang baru kita lakukan pertama kali, kita akan menemui tantangan saat mengaplikasikan rumus 80-20. 

Kuncinya adalah berlatih dan kalian akan terbiasa dengan rumus 80-20. Terus berlatih sampai kalian tidak perlu memikirkan banyak pertimbangan saat menggunakan uang kalian. Dengan kata lain, tabungan kalian sudah lebih dari cukup. 

Berikut beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk beradaptasi dengan rumus 80-20:

  • Lakukan pengecekan dan bandingkan harga dari produk serupa dari berbagai merek sebelum kalian membayar untuk sebuah produk atau layanan
  • Gunakan amplop ketika menyimpan uang yang sudah kalian rencanakan untuk dibelanjakan hal tertentu. Lalu sebagai pengingat, tulis pada amplop apa yang akan kalian lakukan dengan uang itu
  • Ketika hari gajian tiba, jaga prinsip kalian untuk hanya menggunakan 80% nya.
  • Daftarkan diri di akun bank auto-debit, sehingga kita dapat melihat transaksi apa saja yang kita lakukan per bulan.  

4. Menyadari keuntungan dari aplikasi rumus 80-20 

Ketika aplikasi rumus menabung 80-20 sudah menjadi kebiasaan, kita dapat melangkah ke pengelolaan lain terkait uang yang sama bergunanya. Belajar cara berinvestasi demi mendapatkan sumber pendapatan lain bisa lebih mudah kita mengerti. 

Apakah kalian dapat mengikuti rumus menabung 80-20? Tulis pendapat kalian di kolom komentar. – Rappler.com

MoneyMax.ph merupakan sebuah platform online untuk membandingkan produk dan layanan telekomunikasi serta keuangan. Tujuannya untuk memberikan kemampuan dan keputusan yang cerdas dalam melakukan pembelian. 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!