‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’ menuju ‘Festival Film Cannes 2017’

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’ menuju ‘Festival Film Cannes 2017’
Film yang dibintangi Marsha Timothy ini akan tayang di sesi 'Quinzane des Realisateurs' atau 'Directors' Fortnight', pada 24 Mei mendatang

JAKARTA, Indonesia – Kabar baik untuk industri perfilman Indonesia. Film besutan sutradara Mouly Surya yang berjudul Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak akan diputar di Festival Film Cannes 2017 yang akan digelar 17-28 Mei mendatang.

Mouly Surya, sang sutradara mengungkap bahwa pihaknya sangat senang atas prestasi ini. Terlebih lagi, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak ini adalah film asal Asia Tenggara satu-satunya yang tayang di festival ini.

(BACA JUGA: ‘Marlina Pembunuh Empat Babak’: Proyek kolaborasi sutradara Indonesia dan pemerintah Prancis)

Film yang dibintangi Marsha Timothy ini akan tayang di sesi Quinzane des Realisateurs atau Directors’ Fortnight, pada 24 Mei mendatang. “Saya dan teman-teman bahagia sekali setelah sekian lama kami menanti hari ini dan ternyata juga masuk selection untuk Director’s Fortnight di Cannes Film Festival, suatu kebanggan buat kami. Membanggakan untuk film Indonesia juga, ya cukup merasa bangga tergabung dalam produksi ini. Harapannya seperti film Indonesia lain kami harap film ini bisa diterima di Indonesia, bisa dinikmati oleh penonton Indonesia,” kata Marsha saat ditemui pada Jumat, 12 Mei lalu.

Fauzan Zidni produser film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak mengungkap bahwa pihaknya memang mendaftarkan diri untuk mengikuti festival. “Mereka mencari sinema klasik ya. Mereka ada tim kurasinya, mereka menentukan maunya festival seperti apa sih. Ini kan bentuk statement mereka adalah film-film yang mereka kurasi. Samalah seperti festival lain, pasti adalah statement yang ingin disampaikan oleh tim seleksinya. Kebetulan value-value itu mereka melihat film kita dan mungkin mereka melihat itu dalam film kita,” kata Fauzan.

Total, ada 18 film yang lolos untuk screening di sesi Directors’ Fortnight. “Ada Official Selection, dari situ ada Un Certain Regard (program di Cannes Film Festival). Di saat yang bersamaan juga ada Directors’ Fortnight, itu yang dibikin oleh asosiasi sutradara Prancis. Ada juga La Semaine de la Critique, itu yang dipilih oleh asosiasi kritikus Prancis. Ketiga festival itu diselenggarakan bersamaan. Tapi kalau masuk di antara ketiganya bisa kita bilang kalau kita masuk ke Cannes,” tambah Fauzan.

Rombongan Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak pun akan bertolak ke Cannes Film Festival nantinya. Untungnya, keberangkatan mereka pun didukung pemerintah lewat Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Travel grand itu biaya perjalanan kita sebagian dibiayai oleh mereka. Di budget pemerintah itu ada budget travel grand yang bisa diakses kalau kita masuk ke beberapa festival. Dan kita dapat dari Bekraf,” kata Fauzan. -Rappler.com 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!