Gebrakan LINE Indonesia dalam menjaring talenta lokal

Devi Anggar Oktaviani

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gebrakan LINE Indonesia dalam menjaring talenta lokal
Mulai dari sticker sachet, auto-tagging, creators market app, hingga 'campus roadshow'

JAKARTA, Indonesia – Perusahaan berbasis aplikasi pesan singkat asal Jepang, LINE, meluncurkan beragam gebrakan dalam memberi warna baru bagi industri kreatif digital Indonesia. Melalui platform LINE Creators Market dan LINE Webtoon, LINE Indonesia berinovasi meluncurkan Sticker Sachet, Auto-tagging, Creators Market Application hingga Creators Campus Roadshow.

Sejak 2014-2016 pengguna aplikasi LINE terus meningkat hingga 200 persen dan 88,3 juta free sticker telah diunduh pada tahun 2016. Jenis-jenis stiker yang ada tidak hanya free sticker, melainkan ada pula paid official sticker dan creator sticker. Di menu creator sticker inilah LINE berinovasi membuat sticker sachet.

Menurut Business Developer Manager LINE Indonesia, Inez Yorisya Kemala, sticker sachet tidak hanya membantu kreator melainkan juga pengguna (users).

“Untuk kreator yang biasanya harus bikin 40 stiker baru bisa jualan, sekarang mereka bikin 8 stiker saja sudah bisa mulai jualan. Sedangkan kalau dari segi usersnya, dari yang harganya lebih mahal, dengan harga Rp 2.400 mereka sudah dapat satu set stiker dan dapat dibeli dengan pulsa. Jadi jauh lebih terjangkau,” ujar Inez.

Selain menciptakan inovasi baru, Inez juga mengemukakan bahwa LINE Indonesia ingin terus mendukung para kreator stiker dalam berkarya. Setiap bulan, stiker-stiker yang telah dibuat dan didaftarkan akan dipilih kemudian dibuat kompetisi. Nantinya para pemenang akan mendapatkan promosi oleh LINE Indonesia. 

Auto-suggestion

Di samping merilis sticker sachet, LINE Indonesia juga mengeluarkan fitur auto-suggestion untuk memudahkan pengguna memilih stiker dalam percakapan di LINE.

“Ketika suatu saat kreator mengeluarkan stiker baru maka akan muncul suggestion di users. Jadi akan lebih mudah ditemukan,” kata Inez.

Creators Market Application

Platform LINE Creators Market juga berencana membuat aplikasi yang memungkinan pengguna tidak hanya membuat stiker dari gambar melainkan juga foto atau teks animasi melaui ponsel pintar.

“Aplikasi ini nanti berguna agar orang bisa langsung foto, registrasi, dan apply sticker, jadi mempermudah kreator untuk bisa membuat sticker,” tutur Inez.

Creators Campus Roadshow

Serupa dengan LINE Creators Market, perkembangan industri kreatif digital juga mendorong LINE Indonesia untuk menjaring para pelajar melalui kegiatan LINE Creators Campus Roadshow. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan informasi mengenai stiker maupun komik digital yang ada di platform LINE Webtoon.

Sampai saat ini LINE Webtoon di Indonesia memiliki 6 juta pengguna aktif setiap bulan dan tiga karya top kreator lokal telah diterbitkan di negara lain seperti Thailand dan Taiwan.

Menurut LINE Webtoon Manager LINE Indonesia, Ghina Fianny, kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi top kreator tergantung dari banyaknya jumlah pembaca, tema yang diusung, hal-hal menarik yang ditawarkan juga selera pasar.

“Tapi kalau di Webtoon Challenge kita tidak secara langsung memilih berdasarkan yang paling populer atau banyak pembacanya, tetapi kita mencari berdasarkan diferensiasi tema yang dibutuhkan,” ujar Ghina.

Gina berharap LINE Webtoon nantinya dapat menarik lebih banyak pembaca dan memiliki konten berkualitas serta beragam. Sebab menurutnya, saat ini kendala para kreator di Indonesia cenderung meniru genre yang sudah populer.

“Semoga ke depannya lebih banyak kreator yang kreatif dan out of the box,” tambahnya.

LINE Indonesia juga akan kembali membuka kontes Line Creative 2017 dan Line Creators Campus Roadshow setelah lebaran tahun ini. Bagi para kreator yang ingin mulai berkarya di LINE dapat mengakses situs https://creator.line.me/id/ untuk stiker dan http://webtoons.com/id untuk komik digital. -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!