Daftar lengkap pemenang ‘Cannes Film Festival 2017’

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Daftar lengkap pemenang ‘Cannes Film Festival 2017’
Film 'The Square' asal Swiss keluar sebagai pemenang utama

JAKARTA, Indonesia – Gelaran Cannes Film Festival 2017 baru saja berakhir pada Minggu, 28 Mei di Cannes, Prancis. Sutradara sekaligus penulis naskah Pedro Almodovar tahun ini ditunjuk sebagai ketua dewan juri. 

Tahun ini, Cannes Film Festival dilaksanakan untuk yang ke-70 kalinya. Sejumlah aktor, aktris dan pelaku industri film dari seluruh dunia pun hadir di ajang ini.

Berikut daftar pemenang Cannes Film Festival 2017, sesuai pilihan para juri.

Palme d’Or: The Square 

Ini adalah kategori utama dan puncak di gelaran Cannes Film Festival. Film The Square asal Swiss mengejutkan publik dengan meraih juara Palme d’Or.

Film yang berkisah soal dunia politik dan apa yang kita pilih untuk ditampilkan di galeri seni ini dikemas secara komedi. Saat pemutarannya, film ini memang meraih kritik positif. Tapi bahkan sang sutradara, Ruben Ostlund, terlihat sangat terkejut saat memenangkan penghargaan ini.

Grand Prix: 120 Beats Per Minute

Film 120 Beats Per Minute adalah film drama menyentuh yang mengambil lokasi di Paris saat puncak epidemi AIDS di awal 90-an. Film ini sukses meraih hadiah kedua dengan menggambarkan kisah cinta antara dua aktivis AIDS di grup advokasi ACT UP.

Film ini adalah proyek pribadi sang sutradara, Robin Campillo, yang merupakan aktivis kelompok yang sama.

Jury Prize: Loveless 

Loveless berkisah tentang pasangan middle-class yang hidup di Moskow mencari cara untuk meringankan beban anak mereka setelah mereka melewati perceraian. Film ini sukses meraih juara ketiga.

Digarap oleh kritikus Kremlin, Andrei Zvyagintsev, film ini menyuguhkan kritik peda pada kehidupan masyarakat Rusia modern, di mana kebanyakan masyarakatnya terobsesi dengan konsumerisme dan smartphone.

Best actor: Joaquin Phoenix 

Peraih tiga Piala Oscar, Joaquin Phoenix, emmenangkan kategori best actor usai memerankan penembak yang trauma di film garapan Lynne Ramsay berjudul You Were Never Really Here.

Akting Joaquin cukup memukau saat berperan sebagai Joe, mantan tentara yang disewa oleh senator New York untuk menyelamatkan putrinya dari jaringan pedofilia.

Best actress: Diane Kruger

Di film Jerman pertamanya, bintang Hollywood ini meninggalkan imej glamornya dan berakting sebagai ibu yang bersumpah ingin membalas dendam usai suami dan anaknya yang berlatar belakang etnis Kurdish dibunuh di serangan neo-Nazi.

Menerima pujian sebagai “powerhouse performance” oleh majalah Variety, Kruger mengaku peran ini menguras emosinya. “Film ini nyaris membunuhku. Aku belum bekerja setelah film ini,” kata Kruger di Cannes.

Best director: Sofia Coppola 

Sofia Coppola meraih best director atas remake film bergenre thriller berjudul The Beguiled yang dibintangi aktor Colin Farrell sebagai tentara yang memukau banyak wanita Selatan, termasuk Nicole Kidman.

Saat menerima penghargaan, sutradara Bling Ring ini tak lupa berterimakasih pada ayahnya, sutradara Francis Coppola, yang mengajarkannya semua hal di industri film.

Best screenplay: Lynne Ramsay dan Yorgos Lanthimos

Juri beranggotakan sembilan orang memutuskan untuk membagi dua juara di kategori ini. Mereka adalah sutradara asal Skotlandia, Lynne Ramsay untuk film You Were Never Really Here serta Yorgos Lanthimos asal Yunani untuk film The Killing of a Sacred Deer, film thriller yang dibintangi oleh Colin Farrell dan Nicole Kidman.

Special prize: Nicole Kidman

Tak diragukan lagi, Nicole Kidman ibarat “ratu” di Cannes Film festival tahun ini dengan empat filmnya yang ditayangkan. Untuk merayakan hari jadi Cannes Film Festival yang ke-70, festival ini menghadiahkan special prize untuk aktris asal Australia ini.

-dengan laporan AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!