PH collegiate sports

Dubes RI untuk Korsel kagumi “tongkat ajaib” di konser EXO

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dubes RI untuk Korsel kagumi “tongkat ajaib” di konser EXO
Dibahas juga rencana mengadakan konser SM Town di Jakarta tahun ini juga

JAKARTA, Indonesia – Puluhan ribu tongkat yang ujungnya bisa berubah warna memeriahkan konser EXO di Seoul Olympic Stadium, Minggu, 28 Mei malam waktu setempat.

EXO adalah band gabungan anak muda Korsel dan Tiongkok, yang dibentuk SM Enterainment pada tahun 2011, dan memulai debutnya setahun kemudian. “Saya diberitahu bahwa ada 35 ribu tiket terjual seketika,” ujar Dubes RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi, via pesan pendek kepada Rappler, Senin, 29 Mei.

Umar Hadi terkesan dengan konsep utama SM Enternainment, yakni “perkawinan” antara seni dan budaya dengan teknologi yang menjadi tulang punggung bisnis gaya hidup (lifestyle). Di Konser EXO, konsep itu dirajut menjadi seni pertunjukan yang memikat penonton selama tiga jam lebih. 

“Aksi panggung boyband EXO yang sangat enerjik, dipadukan dengan narasi dan konten video yang engaging, melibatkan partisipasi penonton, belum lagi tata suara dan tata lampu berkualitas tinggi, serta permainan laser dan kejutan-kejutan di atas panggung, benar-benar memberikan pengalaman luar biasa,” ujar Umar Hadi.

Suasanya di konser EXO, Minggu, 28 Mei. Foto oleh Dubes RI untuk Korsel, Umar Hadi.

 Salah satu teknologi pertunjukan yang dikembangkan SM Entertainment adalah “tongkat ajaib” berwarna putih berbentuk lampu senter berukuran besar. Tongkat sepanjang 60 cm itu dibagikan kepada semua penonton. Bagian ujung tongkat mengeluarkan cahaya yang berganti-ganti warnanya, yang diatur secara terpusat dari sebuagh komputer. 

“Lee Soo Man (founder SM Entertainment) mengatakan kepada saya bahwa SM Entertainment memiliki paten untuk tongkat ajaib itu. Namanya EXO Official Light Stick,” kata Umar yang juga sempat berinteraksi dengan para personel EXO.

Soal fasilitas untuk wartawan juga disiapkan dengan baik. Ada 120 reporter dari berbagai media disediakan tempat khusus lengkap dengan meja dan laptop sehingga mereka bisa secara langsung meliput jalannya konser.  “Sambil berjingkrak-jingkrak tentunya,” ujar Umar, yang baru tiga pekan menjalankan tugas sebagai dubes RI di Seoul. Umar sebelumnya adalah konsul jenderal RI di Los Angeles, AS.

Foto oleh Dubes RI untuk Korsel, Umar Hadi.

Undangan menikmati konser EXO adalah kelanjutan pertemuan  Dubes Umar dengan Lee Soo Man yang juga pendiri SM Entertainment di Jakarta, bulan Maret 2017. Saat itu Lee Soo Man bersama delegasi 20 pengusaha Korsel bertemu dengan Presiden Joko Widodo dalam sebuah forum investasi yang digelar Badan Koordinasi Penanaman Investasi dan Chosun Ilbo, badan serupa di Korsel.

(BACA JUGA: Lee Teuk “Super Junior” undang Jokowi untuk hadir di konsernya)

 

“SM Entertainment mengemukakan niatnya mengembangkan bisnis hiburan di Indonesia antara lain dengan menggandeng mitra lokal dan mendirikan talent agency. Tujuannya mengangkat talenta Indonesia ke panggung internasional.”

Pertemuan itu ditindaklanjuti dengan kunjungan Umar ke markas SM di kawasan Gangnam dan membahas agar SM secepatnya bisa mengadakan Konser SM Town di Jakarta tahun ini juga. –Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!