Ramadan Yummy: Sensasi rasa Mie Glosor, takjil Ramadan khas Bogor

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ramadan Yummy: Sensasi rasa Mie Glosor, takjil Ramadan khas Bogor
Warna kuningnya berasal dari kunyit sebagai pewarna alami. Disantap dengan kuah kacang, rasanya 'yummy'!

BOGOR, Indonesia – Tekstur mie yang lembut, licin, ‘mengglosor’ di lidah, ke tenggorokan, membuat penganan ini disebut Mie Glosor. Bahannya dari tepung terigu dan warnanya kuning menggunakan pewarna dari kunyit. Jadi, sehat untuk dikonsumsi. Warga Bogor biasa memakan mie ini sebagai takjil untuk berbuka puasa di bulan Ramadan.

Mie Glosor sulit ditemukan di bulan lainnya. Di bulan Ramadan, kita bisa membeli Mie Glosor di pedagangan kali lima di berbagai sudut kota. Harganya Rp 4 ribu – Rp 5 ribu per bungkus. Murah meriah.

Pak Bana yang berusia 60 tahun setiap bulan Ramadan menjual Mie Glosor di Jalan Bangbarung, Bogor Utara. Kawasan ini menjadi salah satu sentra kuliner di Bogor. Ada sejumlah penjual Mie Glosor di situ.Pak Bana merupakan salah satu penjual Mie Glosor di Jalan Bangbarung, Bogor Utara. Foto oleh Uni Lubis/Rappler

Satu jam sebelum waktu berbuka puasa, stok Mie Glosor nyaris habis di semua penjual. Mie yang lembut jadi lebih sedap karena disiram kuah kacang bumbu saat dikonsumsi.

Warga Bogor biasa membuat sendiri sajian takjil Mie Glosor. Bahan mie bisa dibeli di pasar. Mengolahnya gampang.

Bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, merica dan sedikit garam dihaluskan, tumis dengan sedikit minyak sayur. Kalau suka pedas, campurkan isiran cabe rawit. Masukkan mie dan irisan sayuran, biasanya kol. Taburi seledri dan bawang goreng.

Mie Glosor dijual bersama makanan khas Ramadan lainnya. Foto oleh Uni Lubis/Rappler

Kuah kacang juga mudah dibuat. Giling halus kacang setelah disangrai, bersama bawang putih, sedikit garam dan gula merah. Mie Glosor siap disantap. Yummy!

Mau mencoba sensasi rasa mie glosor khas Bogor? Kalian bisa menggunakan kode promo UBER untuk perjalanan yang lebih terjangkau. –Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!