Keluarga rayakan Lebaran di makam Jupe

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Keluarga rayakan Lebaran di makam Jupe
Ini adalah Lebaran pertama mereka tanpa kehadiran almarhumah Julia Perez

JAKARTA, Indonesia – Tahun ini, keluarga besar Julia Perez (Jupe) benar-benar menjalani Lebaran yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk kali pertama, mereka melewati Lebaran tanpa kehadiran Jupe yang meninggal dunia pada Sabtu, 10 Juni lalu setelah berjuang melawan kanker mulut rahim yang dideritanya.

Hari ini, bertepatan dengan perayaan Idul Fitri, setelah menunaikan ibadah salat Ied, keluarga besar Jupe pun memanjatkan doa di pusaranya di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. 

Ada ayah tiri Jupe, Sammy, yang datang bersama Sri Wulansih, ibunda Jupe dan dua adik Jupe, Della dan Nia Anggia. “Biasanya kami kumpul sama Yuli (nama asli Jupe) bareng tapi sekarang dia mendahuli kita,” kata Sammy saat ditemui.

“Kita enggak pernah melupakan Kak Yuli. Kita akan selalu menempatkan diri ke sini. Semoga Kak Yuli ditempatkan di tempat yang indah di sana,” tambah Nia yang disambung Della, “Di hari yang fitri ini, aku sebagai adik mohon maaf kalau ada salah kata atau perbuatan mohon dimaafkan.”

Menurut Anggi, Lebaran tahun ini memang terasa sangat berbeda. Ada rasa berat dan kehilangan yang teramat sangat sepeninggal Jupe. “Biasanya kalau ada Kak Yuli, ramai. Dia selalu bangunin kita terus salat Ied bareng,” kenang Nia. “Kalau takbiran dia rame. Heboh banget main petasan dan panggil temennya untuk nginep. Semalam tuh sepi banget,” tambah Della.

Della pun mencoba mengingat momen kebersamaan dengan sang kakak saat Lebaran. Salah satunya adalah momen di mana Jupe sangat antusias untuk menyiapkan beragam hidangan Lebaran. “Biasanya makanan favorit kakak, semur ayam. Kita senang kalau lihat dia makan. Sekarang enggak ada, jadinya berasa sepi.”

Satu lagi yang berbeda, jika tahun-tahun sebelumnya, setelah salat Ied mereka pergi berislaturahmi ke rumah keluarga, kini ritual tersebut berganti dengan berkunjung ke makam Jupe. -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!