Menyimak fenomena belanja online yang meningkat selama bulan Ramadan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Menyimak fenomena belanja online yang meningkat selama bulan Ramadan

AFP

Kegiatan belanja online jadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan

JAKARTA, Indonesia – Beberapa tahun belakangan, aktivitas belanja online mulai meningkat di masyarakat Indonesia. Kebanyakan dari konsumen memilih berbelanja online untuk alasan kepraktisan. Selain itu, seringkali penawaran diskon juga kerap diberikan para pelaku bisnis e-commerce Tanah Air.

Khusus di bulan Ramadan tahun ini, ternyata fenomena belanja online bertumbuh semakin pesat, terutama jika dibangdingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Bisa dikatakan, aktivitas belanja online adalah salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan mereka selama bulan Ramadan. 

Hal ini terbukti dari riset yang digagas oleh JakPatplatform riset online, terhadap 1.000 responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dari riset ini, ditemukan fakta jika 65% responden mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali selama bulan Ramadan.

 

Dari angka ini, generasi millenial (18-35 tahun) khususnya dari kelas menengah, menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online. Sementara itu, Shopee menjadi pilihan belanja online yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Di antara berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia, para pelaku belanja online ini menempatkan Shopee sebagai aplikasi belanja online yang paling diingat (top of mind) selama bulan Ramadan. Sebanyak 49,3% responden riset juga memilih Shopee sebagai pilihan belanja online mereka di bulan ini.

Posisi berikutnya ditempati oleh Lazada dan Tokopedia yang masing-masing menarik 20,7% dan 16% responden. Bukalapak dan Elevenia menempati posisi keempat dan kelima sebagai tempat terfavorit untuk memenuhi kebutuhan mereka secara online di bulan Ramadhan.

Lebih lanjut lagi, dari hasil riset JakPat ini, lebih dari 94% responden mengakui tiga aspek utama ini sebagai bahan pertimbangan utama mereka dalam memilih destinasi belanja online selama bulan Ramadan adalah varian produk yang ditawarkan, promosi diskon Ramadan yang menarik, serta bebas biaya pengiriman.

Tak hanya itu, riset yang dilakukan pada 12-17 Juni ini juga memaparkan 5 kategori produk utama yang banyak dicari oleh masyarakat, termasuk fashion dan aksesoris wanita, gadget dan aksesorisnya, pakaian Muslim, fashion pria serta kategori perawatan dan kecantikan.

Secara umum, hampir seluruh responden atau sebesar 97,3% juga menyatakan kepuasannya terhadap layanan yang diberikan oleh situs belanja online yang mereka kunjungi dan akan merekomendasikannya kepada teman dan keluarga. -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!