5 hal tentang JAWARA, ‘superhero’ asli Indonesia

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal tentang JAWARA, ‘superhero’ asli Indonesia
JAWARA merupakan singkatan dari Jagoan Warga Negara Indonesia

JAKARTA, Indonesia — Nama Superman, Spiderman, dan Power Rangers tentu tidak asing sebagai sosok pahlawan super yang kerap mengisi layar kaca dan digandrungi masyarakat. Namun masih sulit menemukan sosok superhero yang benar-benar merepresentasikan Indonesia.

Hal ini yang melatarbelakangi Skylar Comics untuk menelurkan sosok JAWARA. Apa itu? Berikut lima hal tentang sang superhero asli Indonesia.

Jagoan asli Indonesia

JAWARA merupakan singkatan dari Jagoan Warga Negara Indonesia, sehingga seluruh tokoh pahlawan dalam serial ini merupakan warga asli Indonesia yang berasal dari latar belakang yang beragam.

Tanpa kekuatan super

Ada empat karakter JAWARA yang telah diperkenalkan, yakni Putri Bulan, Topeng Merah, Satman, dan Mr. Indonesia. Keempat sosok ini memiliki latar belakang sebagai manusia biasa tanpa kekuatan super. Namun mereka memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi pahlawan super demi membasmi kejahatan.

Bergabung dengan superhero lainnya

Dalam komik, JAWARA telah bertemu dengan Valentine, seorang pahlawan super wanita berjubah ungu yang juga bagian dari Skylar Comics. November 2017 mendatang sosok Valentine akan bisa disaksikan lewat layar lebar di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

Eksklusif di STRO.TV

JAWARA pertama kali muncul dalam bentuk komik, sekitar empat tahun lalu. Karena respon yang didapatkan lumayan bagus, akhirnya Skylar Comics memutuskan untuk meneruskan JAWARA ke media visual lewat web series sepanjang delapan episode yang hanya bisa disaksikan di STRO.TV. 

Disutradarai Dennis Adhiswara

Setelah namanya melambung sebagai aktor di awal tahun 2000-an, kini Dennis Adhiswara memang lebih banyak bekerja dari balik kamera. Dalam serial JAWARA, Dennis didaulat sebagai sutradara oleh Skylar Pictures. Ia pun mengaku sangat senang atas kepercayaan yang diberikan mengingat ia adalah penggemar komik JAWARA.

“Saya senang banget dengan format serial dan suka banget sama JAWARA. Dan saya enggak nyangka bisa mendapatkan keduanya di sini,” katanya dalam diskusi panel di hari kedua Popcon Asia 2017 pada Minggu, 6 Agustus.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!