Terlalu banyak wisatawan, warga Spanyol serukan anti-turis

Rosa Folia

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Terlalu banyak wisatawan, warga Spanyol serukan anti-turis
“Pariwisata membunuh lingkungan sekitar”

JAKARTA, Indonesia — Spanyol merupakan salah satu destinasi populer bagi para turis mancanegara. Bahkan pada musim panas tahun lalu total wisatawan yang berkunjung ke negara di Barat Daya Eropa tersebut mencapai 75,6 juta orang.

Fenomena meningkatnya jumlah wisatawan ini ternyata tidak selalu menyenangkan bagi warga setempat. Protes anti-turis pun diserukan di beberapa kota di Spanyol, seperti Barcelona, Mallorca, Valencia, dan San Sebastian.

Penolak tersebut tak hanya berupa seruan. Dikutip dari The Independent, terdapat sekelompok orang bertopeng menyerang bus turis yang baru saja tiba di stadion Barcelona, Nou Camp.

Sejumlah orang tersebut merusak ban dan mencoret-coret badan bus. Tak hanya itu, mereka juga menuliskan pesan dalam bahasa lokal yang artinya: “Pariwisata membunuh lingkungan sekitar”.

Sementara itu, warga Mallorca dan San Sebastian berencana untuk melakukan protes anti-turis pada 17 Agustus mendatang, bersamaan dengan festival Basque yang merupakan salah satu atraksi yang kerap menjadi penarik para wisatawan mancanegara. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di idntimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!